1 Jawaban Dokter

Staff 27/07/2019
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Telinga berdengung atau berdesis memang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Telinga berdengung sering disebut tinitus, tinitus adalah persepsi bunyi yang diterima oleh telinga tanpaadanya rangsang bunyi dari luar. Bunyi yang di dengar seperti berdengung, menderu, atau mendesis. Berdasarkan sifatnya tinitus dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu : 

  1. Tinitus bersifat objektif, bila suara tersebut dapat juga didengar oleh pemeriksa atau dengan auskultasi di sekitar telinga. Umumnya disebabkan karena kelainan vaskular, sehingga tinitusnya berdenyut mengikuti denyut jantung
  2. Tinitus bersifat subjektif, bila suara tersebut hanya didengar oleh pasien sendiri, jenis ini sering terjadi. Disebabkan oleh proses iritatif dan perubahan degeneratif saluran pendengaran melalui sel-sel rambut getar sampai pusat pendengaran.

Pada tinitus terjadi aktifitas elektrik pada area auditorius yang menimbulkan perasaan adanya bunyi, namun implus yang ada bukan berasal dari bunyi eksternal yang ditransformasikan, melainkan berasal dari sumber implus abnormal di dalam tubuh pasien sendiri. Serangan tinitus dapat bersifat periodik ataupun menetap. %ita sebut periodik jikaserangan yang datang hilang timbul. Tinitus paling banyak disebabkan karena adanya kerusakan dari telinga dalam.Terutama kerusakan dari koklea. Secara garis besar, penyebab tinitus dapat berupa kelainanyang bersifat somatik, kerusakan N. Vestibulokoklearis, kelainan vascular, tinitus karenaobat-obatan, dan tinitus yang disebabkan oleh hal lainnya. Pengobatan tinitus merupakan masalah yang kompleks dan merupakan fenomena psikoakustik murni, sehingga tidak dapat diukur. Perlu diketahui penyebab tinitus agar dapatdiobati sesuai dengan penyebabnya. Berikut hal-hal yang harus dihindari : 

  • Hindari suara keras yang dapat memperberat tinitus. (kurangi penggunaan earphone)
  • Kurangi makanan bergaram dan berlemak karena dapat meningkatkan tekanan darah yang merupakan salah satu penyebab tinitus.
  • Hindari faktor-faktor yang dapat merangsang tinitus seperti kafein dan nikotin
  • Hindari obat-obatan yang bersifat ototoksik
  • Tetap biasakan berolah raga, istarahat yang cukup dan hindari kelelahan.

Jika telinga berdengung semakin sering dan mengganggu aktifitas sehari-hari, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.