1 Jawaban Dokter

Staff 25/07/2019
Public

Dear Sahabat TanyaDok
Salam sehat, Terima kasih sudah bertanya kepada kami, Tim TanyaDok
Saya akan mencoba membantu menjawab pertanyaan anda…

Dari ulasan singkat yang anda sampaikan kami membuat kesimpulan sementara bahwa anak anda mengalami intoleransi pada komponen molekul makanan/minuman yang mengandung laktosa.
Apa itu Laktosa dan Kenapa ada yang intoleransi pada Laktosa dan tidak?
Laktosa adalah salah satu molekul gula yang terdiri atas gabungan dua molekul gula yang lebih kecil, yaitu glukosa dan galaktosa. Laktosa banyak ditemukan pada susu atau produk-produk berbahan dasar susu lainnya. Penyerapan laktosa dalam tubuh membutuhkan enzim laktase, yaitu enzim yang ditemukan pada usus. Enzim ini akan menguraikan laktosa menjadi glukosa dan galaktosa yang kemudian akan diserap di usus halus.
Kenapa bisa ada orang dengan intoleransi laktosa?
Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana tubuh tidak mampu menyerap laktosa dengan baik atau sama sekali. Ini bisa jadi akibat gangguan produksi enzim laktase pada tubuh Anda. Karena itu, ketika mengonsumsi berbagai produk susu, tubuh Anda akan intoleran alias tidak bisa menerimanya dengan baik. Terutama kalau Anda mengonsumsi produk susu terlalu banyak.
 
Bukannya diserap oleh tubuh, laktosa yang masuk dan tidak bisa dicerna ini justru akan menimbulkan berbagai reaksi atau gejala gangguan pencernaan. Misalnya perut kembung, sakit perut, atau mual.
Penyebab intoleransi laktosa
Intoleransi laktosa adalah gangguan pencernaan di mana usus halus tidak memiliki enzim laktase yang cukup. Akibatnya, laktosa tidak dapat diserap dan akhirnya berubah menjadi gas yang menyebabnya munculnya gejala-gejala di atas.
Bagi beberapa orang, intoleransi laktosa dapat berkembang sesuai umur. Ini karena semakin bertambah umur, usus halus akan memproduksi lebih sedikit enzim laktase. Penurunan produksi laktase juga bisa saja terjadi akibat cedera usus atau menderita penyakit Crohn dan penyakit Celiac.
Sebelum diagnosis ditegakkan oleh dokter, orang yang menderita intoleransi laktosa sering kali diduga alergi terhadap susu. Namun, intoleransi laktosa tidak sama dengan Alergi Susu. Alergi adalah reaksi yang ditimbulkan sistem kekebalan tubuh terhadap protein tertentu dalam susu. Sementara itu, intoleransi laktosa adalah kekurangan enzim laktase. Orang-orang yang kekurangan enzim laktase masih mungkin untuk mengonsumsi produk-produk susu dengan kandungan laktosa sangat rendah.
Untuk alternatif pergantian susu, produk susu yang “free lactose’ atau produk susu yang mengandung bahan kedelai dapat menjadi alternatif. Namun, alangkah lebih baik apabila anda juga mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter spesialis anak, sebelum anda memberikan susu kepada anak anda.
Terima kasih, semoga bermanfaat
dr. Alta
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.