Gangguan panik dan cemas

Saya sering mengalami kegelisahan ditempat kerja maupun dirumah, saya sering merasa gelisah tanpa sebab, saya sudah komsultasi dgn dokter psikiater dan dikasih obat racikan ,tapi setelah itu hanya bertahan 1 bulan, sekarang terkadang saya merasa seperti orang ling lung dan mudah marah… sebetulnya apa yg terjadi dengan saya dok??? mohon pencerahannya.

1 Jawaban Dokter

Staff 24/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Cemas adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu, misalnya sebelum wawancara kerja, sebelum ujian, saat harus mengambil keputusan penting, atau ketika menunggu hasil pemeriksaan dokter. rasa cemas bisa menjadi tidak sehat jika muncul secara berlebihan, sulit dikontrol, atau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Ciri orang yang mengalami gangguan cemas yaitu merasa tegang, waswas, atau khawatir, mudah lelah, mempunyai kesulitan berkonsentrasi atau menemukan bahwa pikirannya menjadi kosong, iritabilitas, ketegangan otot, dan adanya gangguan tidur, seperti sulit untuk tidur, untuk terus tidur, atau tidur yang gelisah dan tidak memuaskan.
Disarankan untuk konsultasi ke psikiater dan psikolog, selain dari medis, kebutuhan psikis juga harus terpenuhi. Untuk sementara olahraga teratur, minum obat secara teratur, berusaha tenang jika sudah mulai marah, banyak bergaul.
Semoga bermanfaat. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.