sulit mengingat

selamat pagi dok, saya seorang wanita dan sekarang berumur 21 tahun
sekitar 9 tahun lalu saya mengalami insiden kecelakaan tertabrak oleh angkutan umum, saya jatuh dengan posisi kepala belakang menyentuh aspal, kemudian merasakan mual seperti ingin muntah, saat itu kondisi saya masih sadar dan melihat keluar darah dari hidung saya(mimisan), kemudian pendengaran saya mendadak hilang, sebelum saya pingsan total dan
menyebabkan saya koma selama 2 minggu di salah satu rumah sakit di indonesia,
hasil ct scan mengatakan terdapat pendarahan/gumpalan darah pada otak saya sekepal tangan orang dewasa dan dokter memberi saran kepada orang tua saya untuk melakukan operasi dengan resiko saya akan menjadi idiot.
kemudian pada hari H saya akan operasi, dengan sudah diukurnya lingkar kepala, saya di ct scan kembali
hasilnya tidak adanya ditemukan pendarahan lagi dan saya tidak jadi di operasi.
tidak percaya dengan hasil ct scan yang ada, keesokan harinya orang tua membawa saya ke singapura untuk menjalani pemeriksaan yang sama, dan hasilnya juga sama.

menurut cerita dari orang tua, saat saya siuman pada minggu ke-2
saya tidak mengenali siapapun dari mereka,
saya belajar kembali untuk mengenal cara berjalan, abjad, angka, benda” dan lainnya layaknya anak di sekolah taman kanak” dan itu berlangsung selama setahun (yang membuat saya cuti dari sekolah selama 1 tahun penuh)

disini saya ingin bertanya, mengapa bisa pendarahan di otak hilang secara tiba” dalam kurun waktu 24 jam sebelum operasi dilangsungkan?

sampai saat ini keluhan yang saya alami adalah:
-menurut ibu, orang terdekat dan kekasih saya
saya suka mengulangi topik pembicaraan atau pertanyaan yang sama secara berulang” (yang dimana menurut saya belum pernah saya bicarakan atau pertanyakan sebelumnya)
-saya juga tidak dapat mengingat masa kecil saya (apapun)
saya hanya bisa mendengar cerita mengenai masa kecil saya melalui cerita orang tua dan keluarga.
-saya sangat sulit memulai dan memperlajari hal baru
-sulit juga untuk saya memahami pertanyaan yang dilontar oleh seseorang
-saya sering lupa saat ingin mengatakan sesuatu
-saya juga sulit mengingat bahkan untuk hal kecil yang baru saja saya lakukan seperti contoh: lupa posisi benda yang baru saja saya letakkan di suatu tempat pada hitungan detik saja.
-stress dan panik yang kadang datang tanpa alasan jelas
-sulit mengontrol emosi

dan untuk 3 tahun terakhir saya mengalami keluhan baru yaitu saya mengidap asma yang membuat saya harus membawa inhaler kemanapun saya pergi.

dan untuk 2 tahun terakhir saya dibawa berobat oleh orangtua karena mereka menilai adanya kejanggalan pada kepribadian dan psikologis saya yang makin berubah dan akhirnya membuat mereka memutuskan membawa saya ke psikiater
dan oleh psikiatri
-saya mengidap BPD (borderline Personality Disorder)
-Anxiety attack

saya sendiri juga merasakan adanya perubahan pada psikologis saya, salah satunya saya tidak sanggup dan tidak bisa untuk sendirian di suatu tempat karena saya akan merasakan adanya bisikan” yang mengajak saya berbicara dan kadang membuat saya kesal dan merasa hampir seperti orang gila.

pil yang saya konsumsi saat ini adalah Myonal 50mg dan Zoloft sertraline 50mg

apakah semuanya berhubungan? dan apakah ini adalah dampak dari kejadian geger otak yang pernah saya alami?
untuk saat ini saya tidak pernah lagi mengunjungi psikiater saya karena saya merasa tidak ada jalan keluar
dan apakah ini akan berdampak semakin buruk untuk kedepannya mengenai kejiwaan saya?

terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 24/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanya dok.
Perdarahan pada otak memang sangat berbahaya jika tidak segera ditindak lanjuti. Perdarahan pada otak dapat hilang dikarenakan, kemungkinan pada saat perawatan sobat mendapakan terapi diuretik osmotik yang dapat menurunkan kekentalan darah sehingga membuat pembuluh darah kontraksi pada dinding pembuluh darah dan menyempit, serta terapi diuretik osmotik dapat menurunkan volume pembuluh darah otak.
Borderline personality disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah gangguan mental yang ditandai dengan suasana hati serta citra diri yang senantiasa berubah-ubah, dan perilaku yang impulsif. Seseorang yang mengalami BPD memiliki  cara pikir, cara pandang, serta perasaan yang berbeda dibanding orang lain pada umumnya. Salah satu penyebab BPD yaitu adanya perubahan pada struktur dan fungsi otak. Kemungkinan perdarahan yang terjadi pada otak sobat mengenai bagian otak yang mengatur emosi sobat. Sehingga memberikan trauma pada bagian otak tersebut. Proses pemulihan BPD kemungkinan akan memerlukan waktu yang cukup lama dan terapi yang dilakukan dapat berlangsung selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap kontrol ke psikiater untuk mendapat terapi yang sesuai.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.