1 Jawaban Dokter

Staff 23/07/2019
Public

Selamat Siang Sobat
Terimakasih telah menghubungi layanan online Tanyadok.
Denyut nadi adalah berapa kali arteri (pembuluh darah) mengembang dan berkontraksi dalam satu menit sebagai respons terhadap detak jantung. Jumlah denyut nadi sama dengan detak jantung. Ini karena kontraksi jantung menyebabkan peningkatan tekanan darah dan denyut nadi di arteri. Mengukur denyut nadi sama artinya dengan mengukur denyut jantung.
Denyut jantung dihitung sebagai berapa kali jantung Anda berdenyut setiap menitnya, dan denyut jantung normal bervariasi pada setiap orang. Melalui denyut jantung, Anda bisa memantau tingkat kebugaran dan kondisi kesehatan anda.
Denyut nadi yang cepat dapat disebabkan beragam hal, yakni oleh aktivitas fisik, konsumsi kafein, ketika sedang demam, cemas dan stress. Sedangkan denyut nadi yang lemah bisa diakibatkan adanya pendarahan atau dehidrasi berat yang menyebabkan syok, atau masalah pada jantung seperti henti jantung dan gagal jantung.
Konsultasikan kembali ke dokter untuk dilakukan pengecekan tanda tanda vital, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk mengetahui apakah ada suatu kelainan yang di alami sobat.
Salam Sehat 🙂 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.