nyeri pada tulang belakang

hallo,Dok,sy mau bertanya keterangan pada hasil ronsent tulang belakang menunjukkan bahwa:
•alignment baik. Tak tampak listhesis
• Trabekulasi normal
• tampak osteophyte di corpus L3,L4 dan
L5
• foramen intervertebralis tak menyempit
• spatium intervertebralis tak menyempit
• tak tampak fraktur atau destruksi
• soft tissue mass di paravertebrae tak tampak
Kesan : spondylosis lumbalis

Hasil rontgent ayah saya menunjukkan seperti itu,blm ada keterangan dan penjelasan dari dokter yg bersangkutan karena sedang berhalangan hadir, dari keterangan itu hasil nya menunjukkan ayah saya mengalami penyakit apa ya dok? mohon penjelasan dari hasil rontgent tsb ..Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 17/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Spondilosis lumbalis dapat diartikan perubahan pada sendi tulang belakang pada bagian tulang lumbal. Spondylosis lumbalis biasanya terjadi pada usia 30-45 tahun namun paling banyak terjadi pada usia 45 tahun. Hal ini tampak adanya osteophyte di ruas tulang lumbal 3-lumbal 5 (tulang lumbal terdiri dari 5 tulang) yang merupakan suatu degenerasi dari tulang tersebut. Sedangkan osteophyte atau bone spur adalah tulang yang tumbuh menonjol di sekitar persendian atau tempat pertemuan antara dua tulang atau yang sering disebut pengapuran. 
Faktor resiko yang dapat menyebabkan spondylosis lumbalis yaitu kebiasaan postur tubuh yang kurang bagus, stress mekanikal (gerakan mengangkat, membungkuk, dan twisting), faktor usia, dan faktor genetik. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu hindari aktivitas dengan benturan tinggi (high impactmisalnya berlari, berolahragalah yang mengandalkan peregangan dan kelenturan, pertahankan postur tubuh yang baik, hindari mengangkat benda berat, hindari membungkuk, bila perlu menggunakan korset lumbal dan fisioterapi.
Semoga bermnafaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.