1 Jawaban Dokter

Staff 17/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Keputihan atau vaginal discharge adalah semua pengeluaran cairan dari alat genitalia yang tidak berupa darah. Keputihan bukanlah penyakit tersendiri, tetapi merupakan manifestasi gejala dari hampir semua penyakit kandungan. Penyebab utama keputihan harus dicari dengan anamnesa, pemeriksaan kandungan, dan pemeriksaan laboratorium. Keputihan dapat bersifat normal dan abnormal.
Keputihan normal berupa cairan jernih, tidak berbau dan tidak gatal. Biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir, saat ovulasi, dan pada masa kehamilan. Sedangkan keputihan abnormal berupa cairan eksudat yang berwarna, jumlahnya berlebihan, berbau tidak sedap, terasa gatal atau panas, sehingga seringkali menyebabkan luka akibat garukan di daerah mulut vagina. Biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur, virus dan parasit. Dan juga terdapat pada wanita yang mengalami tumor jinak, kanker (biasanya disertai darah), menopause.
Untuk sementara jika gatal untuk tidak menggaruk, jaga kebersihan kemaluan, usahakan kemaluan tetap kering jangan lembap, memakai celana dalam yang menyerap keringat, tidak memakai celana yang ketat, dan bilas kemaluan dari depan ke belakang (jangan bolak-balik) bila perlu menggunakan air hangat, jangan menggunakan pembersih kewanitaan. Namun kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis kulit kelamin untuk penanganan lebih lanjut dan diberikan terapi sesuai dengan penyebabnya.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.