kulit dijari kaki kering

selamat siang dok, sya mau tnya, kulit di jari kaki saya mengering dan berubah warna menjadi coklat, setiap hri sya uda menggunakan pelembab seperti body lotion, tpi tdk ad pengaruh, dan sya terkadng jga merendam kaki sya dgn air hangat, tpi jga tidak ad perubahan, sdh bertahun\\" usaha sya tidak ad perubahan,
jenis kelamin = perempuan
umur=17 tahun
mohon bntuannya ya dok

1 Jawaban Dokter

Staff 03/07/2019
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Kulit merupakan lapisan terluar menutup tubuh yang mempunyai fungsi sebagai barier terhadap segala bentuk/macam trauma dari luar baik fisik, mekanik maupun kimiawi.  Kulit kering disebabkan karena hilangnya kelembapan pada kulit tersebut. Yang membuat hilangnya kelembapan pada kulit tersebut yaitu cuaca berangin, suhu lingkungan yang tinggi maupun rendah, udara yang kering, penggunaan bahan yang mengandung surfaktan, alkali (sabun), pelarut organik (alkohol, aseton), proses penuaan serta kelainan kulit. Keluhan yang sering muncul yaitu kulit kering mejadi kemerahan, permukaan yang kusam, bercak putih, pecah-pecah, permukaan kulit jadi tidak rata, gatal, kesemutan.
Kulit kering bisa terjadi pada kulit yang normal maupun berminyak hal ini dipengaruhi oleh seringnya terpapar sinar UV, perubahan suhu lingkungan dan terpapar detergent. Untuk memperbaiki kulit kering harus mengurangi hilangnya air lewat epidermis (lapisan kulit terluar) dengan memberikan bahan yang bersifat hidrasi (moisturizer) yang larut dalam air atau pelumas (lumbricating) , dan penutup (oclution) yang tidak larut dalam air. Berikut hal-hal yang harus dilakukan pada penderita kulit kering :

  • Rehidrasi, perbanyak minum air putih
  • Gunakan sabun yang mengandung pelembap atau sabun khusus untuk kulit kering
  • Gunakan lotion yang tidak larut air, 2x sehari dan digunakan sehabis mandi
  • Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Olahraga teratur
  • Hindari terpapar sinar matahari secara langsung dan sering

Jika kulit kering semakin meluas dan memberikan rasa tidak nyaman yang lebih, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis kulit kelamin untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.