1 Jawaban Dokter

Staff 03/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Nyeri leher merupakan rasa yang tidak nyaman di sekitar leher, hal ini sering dikeluhkan dan menjadi alasan pasien datang berobat ke dokter. Keluhan yang sering dirasakan oleh pasien yaitu rasa tidak nyaman di daerah leher dan punggung atas, sakit kepala, kekakuan, leher terasa nyeri pada satu atau kedua sisi, nyeri seperti terbakar, kesemutan,  nyeri di sekitar tulang belikat, nyeri yang menjalar sampai ke lengan, rasa berputar. Penyebab timbulnya nyeri leher yaitu : 

  1. Posisi yang salah dalam jangka waktu yang lama, banyak orang jatuh tertidur di sofa dan kursi dan bangun dengan keluhan sakit leher, memain smartphone dalam keadaan menunduk.
  2. Bekerja pada postur dan posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama menyebabkan kontraksi otot berlebihan sehingga timbul nyeri.
  3. Cedera atau penyakit pada suatu organ dan struktur yang terletak di dekat leher, misalnya saraf, pembuluh darah.
  4. Tekanan fisik dan emosional dapat menyebabkan otot tegang dan peregangan, sehingga timbul rasa sakit dan kaku pada otot.
  5. Penyakit degeneratif, misalnya spondilosis tulang leher.
  6. Infeksi pada berbagai struktur pada leher.
  7. Meningitis atau infeksi pada selaput pembungkus otak, keganasan atau kanker kepala dan leher dapat menimbulkan nyeri leher.
  8. Cedera akibat hentakan keras di area kepala-leher, kecelakaan mobil, cedera kontak pada olahraga, dan juga patah tulang belakang.
  9. Hiperkolesterol juga dapat memicu nyeri leher.

Untuk mual muntah dan pusing hal ini bisa terjadi kemungkinan adanya infeksi pada selaput otak atau permasalahan di lambung. Kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis saraf untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.