Hubungan intim saat hamil dan pijat payudara dengan minyak telon

Saya tinggal terpisah dengan pasangan saya selama 4 tahun. Saya sendiri juga bekerja di kantor yang masih satu grup dengan kantor suami. Suatu saat kami bertemu dan melepas rindu dengan melakukan hubungan intim. Beberapa bulan setelahnya, saat suami kembali merantau, saya hamil dan mendapat kabar jika kami tidak perlu terpisah lagi. Saat ini usia kehamilan saya 5 bulan. Namun sejak awal kehamilan hingga saat ini, kami masih sering melakukan hubungan intim. Setelah 5 bulan usia kehamilan ini, saya dan suami merasakan ada perubahan pada payudara saya yang kendur sehingga tampak kecil dan kurang kencang. Suami saya ingin payudara saya normal besar dan kencang, seperti dulu sehingga di saat berhubungan intim dia sering memijat payudara saya dengan minyak telon. Apakah aman Dok menggunakan minyak telon untuk payudara? Lalu apa yang menyebabkan payudara kendur dan kurang kencang saat hamil? Bahayakah jika kami terus melakukan hubungan intim hingga melahirkan? Karena saya dan suami sama-sama mudah terangsang dan hal itu terjadi jika sepulang kerja kami kelelahan.

1 Jawaban Dokter

Staff 03/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Berhubungan seks saat hamil merupakan salah satu pertanyaan umum yang banyak ditanyakan ibu hamil ketika berkonsultasi kehamilan. Selama tidak ada masalah selama hamil, maka hubungan seksual aman dilakukan. Jika anda pernah mengalami keguguran, perdarahan pevaginam, sering sakit perut atau kram selama kehamilan, hamil kembar, letak plasenta yang rendah lebih baik untuk tidak melakukan hubungan seks pada masa kehamilan. Berhubungan seks yang aman pada ibu hamil dilakukan pada trimester kedua dikarenakan kandungan ibu sudah semakin kuat dan ibu lebih berenergi dikarenkan mual dan lemas pada trimeseter 1 hilang. Namun pada saat mendekati hari lahir disarankan untuk berhubungan seks karena sperma mengandung senyawa prostaglandin yang dapat memicu rahim untuk kontraksi. Lebih baik berhubungan seks selama hamil dilakukan <3x dalam seminggu.
Payudara merupakan salah satu organ tubuh yang mengalami banyak perubahan selama masa kehamilan. Payudara memang disiapkan untuk menyusui bayi ketika sudah dilahirkan. Payudara pada wanita yang belum pernah melahirkan akan dipenuhi oleh lobulus berukuran kecil dan sedang (berisi 35 asinus). Lobulus adalah kantung kecil yang memproduksi susu dan terdiri dari beberapa asinus. Perubahan hormonal selama masa kehamilan dan menyusui disebabkan hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin sejak pertengahan trimester awal kehamilan. Pada trimester ketiga kehamilan akhir, akan diproduksi air susu bentuk awal yang disebut dengan kolostrum.
Agar lebih aman, lebih baik konsultasi dengan dokter kandungan anda bila ingin berhubungan intim selama kehamilan.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.