Bintik bintik diubun ubun muncul kembali

Pagi dokter mau tanya ini anak saya skrg berusia 3 bulan BB 5,5kg , dulu pada saat anak saya berumur 1bulan di ubun2nya terdapat bintik2 kuning yang akhirnya selama beberapa Minggu bintik2 itu pecah menjadi kotoran seperti ketombe diubun2 lalu saya kasih salep gentamici hilang itu kotorannya ,laku serah usia anak saya skrg masuk 3 bulan ini saya amati kok bintik2 itu datang kembali tapi tidak sebanyak dulu,itu kira kira kenapa ya dok ? Lalu saya harus bagaimana ?
Terimakasih dokter

1 Jawaban Dokter

Staff 01/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Bayi rentan mengalami masalah kulit karena kulitnya masih sangat sensitif. Masalah kulit pada bayi umumnya tidak membahayakan dan mudah ditangani di rumah. Jerawat pada bayi biasanya muncul di pipi, hidung, atau dahi dalam waktu satu bulan sejak bayi lahir. 
Jerawat bayi bisa hilang dengan sendiri biasanya tiga sampai empat bulan setelah kemunculannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena jerawat hanya muncul sementara. Cuci wajah bayi Anda dengan air dan berikan pelembab khusus untuk mengatasi jerawat pada bayi. Hindari obat jerawat yang digunakan untuk anak-anak atau orang dewasa. Selain itu, jangan mencoba untuk mencubit atau memecahkan jerawat bayi Anda, karena ini akan memperburuk kondisi jerawatnya.
Cradle cap adalah masalah kulit pada bayi yang ditandai dengan ruam merah di kulit kepala yang lama-lama berubah menjadi kerak kering berwarna kuning bersisik serta berminyak. Kondisi ini juga disebut dengan dermatitis seboroik, dan umum terjadi pada tiga bulan pertama usia bayi. Cradle cap juga bisa terjadi di wajah, telinga, dan leher. Kondisi ini tergolong aman, tidak membuat gatal, dan tidak menular. Akan tetapi, adanya kerak di kepala bayi kadang membuat rambut sulit tumbuh. Cradle cap bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu hingga bulan. Anda bisa mencuci rambut dan kulit kepala dengan lembut menggunakan sampo khusus untuk bayi
Sekitar setengah dari semua bayi yang baru lahir mengalami bintik-bintik putih kecil di wajah yang disebut milia. Kondisi ini tidak perlu diobati karena akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.
Jika masalah kulit ini tidak hilang atau menetap terlalu lama atau hilang timbul, kami sarankan untuk konsultasi ke dokter spesilais anak.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.