2 answer

Staff 01/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Kelenjar parotis merupakan kelenjar air ludah terbesar yang terletak secara bilateral di depan telinga. Kelenjar parotis bengkak dapat disebabkan oleh infeksi virus atau memang suatu tumor. Namun yang paling sering bengkak dikarenakan infeksi virus. 
Penyakit gondongan atau parotitis atau mumps adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus Paramyxovirus dan menyerang bagian kelenjar dan saraf. Penyakit ini biasanya menyerang pada anak-anak, namun pada dewasa hal ini dapat terjadi. Virus ini dapat menyebar melalui percikan ludah, bahan muntah dan urin. Sebanyak 30%-40% penderita tidak menunjukkan gejala sakit, tetapi tetap sebagai sumber penularan. Gejala awal berupa demam, lesu, nyeri otot terutama leher, nyeri kepala, nafsu makan menurun, dan diikuti dengan pembesaran salah satu kelenjar parotis. Pada umumnya penyakit ini dapat sembuh sendiri, namun dapat diberikan antipiretik untuk meredakan gejala. Diusahakan untuk tidak beraktifitas pada saat terjangkit virus ini. Pencegahan terbaik pada penyakit ini yaitu dengan imunisasi MMR. Jika ingin imunisasi MMR dapat menghubungi tim kami Maya CS ke nomor 08111816800.
Jika memang dicurigai tumor, biasanya akan dilakukan pemeriksaan rutin. Biasanya dilakukan biopsi (untuk mengetahui jenis tumor tersebut), foto rontgen, MRI, CT Scan, USG, dll. Gejala yang muncul jika disebabkan tumor jinak biasanya ada benjolan pada bagian wajah, nyeri pada wajah (jarang), paralisis saraf wajah. Namun jika disebabkan tumor ganas gejala yang muncul yaitu, adanya luka pada benjolan, mati rasa pada sekitar benjolan, nyeri hebat, dan pelemahan saraf wajah. Untuk penanganannya tergantung dari jenis tumor tersebut. Lebih baik saya sarankan untuk konsultasi ke dokter spesialis THT untuk penangan lanjut.
Semoga bermanfaat.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.