1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Alergi susu sapi dapat terjadi karena reaksi abnormal dari sistem imun tubuh ketika kontak dengan zat alergen (protein pada susu sapi). Anak yang mengalami alergi susu sapi biasanya akan menunjukkan gejala seperti muntah, gangguan pernafasan seperti batuk, napas berbunyi atau mengi, mengalami gangguan pencernaan, serta gatal – gatal pada kulit. 
Susu formula sapi dapat diganti dengan susu formula hidrolisis ekstensif (bukan yang parsial). Selain itu, susu formula berbasis asam amino juga merupakan pilihan terbaik berikutnya apabila buah hati anda masih kurang cocok dengan susu formula hidrolisis ekstensif. Ada sebagian populasi yang menganggap bahwa susu formula soya menjadi alternatif pengganti. Namun demikian, di dunia kedokteran sendiri, susu formula soya tidak begitu dianjurkan sebagai alternatif (terutama karena nutrisinya yang dianggap tidak cukup untuk tumbuh kembang anak dan susu formula sendiri dapat menyebabkan reaksi silang sehingga muncul alergi terhadap soya). Susu soya juga tidak direkomendasikan pada anak usia dibawah 6 bulan. Tidak ada obat untuk menghilangkan alergi susu formula sapi. Anak dengan alergi susu sapi harus dihindarkan dengan produk dari olahan susu sapi maupun turunannya (keju, yogurt, dll.)
Karena anak sobat masih dibawah 6 bulan dan belum bisa mengonsumsi susu soya, sebaiknya sobat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis anak perihal susu pengganti ASI yang tepat.

Sobat juga dapat membaca artikel berikut ini : link
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.