Pemakaian Sunblock

Dok, kulit saya jenis kombinasi sensitif dan mudah berjerawat, sudah beberapa bulan ini saya pakai sunblock dari Brank S*** A*** spf 50+PA+++ , karena berdasarkan review beberapa pengguna itu tidak mengakibatkan muka berminyak dan berjerawat, dan setelah saya memakai nya pun, alhamdulillah kulit saya tidak bereaksi negatif, malah jadi lembut, dan kadar minyak juga sedikit berkurang, mungkin karena saya sebelumnya memakai Aloevera Shooting Gel dari salah satu brand Korea..

yang jadi pertanyaan nya, apa itu aman digunakan untuk jangka waktu lama dok ?? berhubung Spf nya tinggi, dan kegitan saya sehari hari di dalam ruangan, secara dosis pengaplikasian saya gunakan sehari 1x, atau 2x, pagi dan siang..

Terimakasih,

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat. 
Tabir surya adalah suatu produk yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Sebelumnya sobat perlu mengetahui sinar UV matahari dibagi menjadi beberapa gelombang yaitu UVA, UVB, dan UVC, namun yang mampu melwati ozon hanya UVA dan UVB. Sinar UVB memiliki gelombang pendek yang menyebabkan rasa panas, terbakar serta kemerahan bila lama terpapar cukup lama. Sedangkan sinar UVA memiliki gelombang panjang dan bisa masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Sinar UVA tidak menyebabkan rasa panas dan terbakar seperti UVB, namun sinar UVA bisa menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang seperti penuaan akibat sinar UV (photo aging) bahkan kanker kulit. Kulit bahkan bisa terpapar sinar UVA walaupun di dalam ruangan karena sinar UVA dapat menembus kaca.
Kata SPF (Sun Protection Factor) pada tabir surya merupakan perkiraan kekuatan suatu produk dalam melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Rumus untuk menghitung kemampuan proteksi dari suatu produk tabir surya adalah [100-(100/SPF)] = kemampuan proteksi. Contoh bila diproduk tersebut terdapat tulisan SPF 50, maka kemampuan maksimum proteksinya adalah [100-(100/50)] = 98% . SPF 15 kemampuan proteksi 93,3% terhadap sinar UVB. Sedangkan SPF 30 kemampuan proteksi 96,7% terhadap sinar UVB.
Kata PA pada label tabir surya merujuk pada perlindungan terhadap sinar UVA. Tanda + setelah kode PA menandakan tingkat proteksi terhadap UVA. Makin banyak tanda + nya berarti makin tinggi tingkat proteksinya, misalnya PA+, PA++, PA+++ dan seterusnya. Meskipun menggunakan tabir surya dengan SPF dan PA tinggi, sebaiknya sobat tetap menggunakan proteksi lain bila keluar rumah seperti payung, topi ataupun baju/celana panjang karena kemampuan tabir surya terbatas dan bisa menurun bila terhapus atau luntur terkena keringat. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan re-apply tabir surya setiap 3-4 jam. Tabir surya aman digunakan dalam jangka panjang karena justru bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak dan menyebabkan kanker kulit.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.