1 Jawaban Dokter

Staff 11/06/2019
Public

Selamat malam, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
 
Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim (endometrium) tumbuh dan menumpuk di luar rahim. Dalam keadaan normal, jaringan dinding rahim akan menebal ketika Anda akan mengalami ovulasi. Hal ini terjadi sebagai upaya persiapan agar calon janin dapat menempel pada rahim jika terjadi pembuahan. Bila tak ada pembuahan, endometrium yang telah menebal akan luruh dan keluar dari tubuh dalam bentuk darah. Pada saat itulah anda mengalami Haid.
Sementara jika Anda mengalami penyakit ini, jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim juga akan ikut meluruh saat Anda mengalami haid. Namun, jaringan yang meluruh itu tidak keluar melalui vagina seperti pada jaringan normal yang terdapat di dalam rahim, sehingga sisa-sisa endometrium tersebut akan mengendap di sekitar organ reproduksi. Lama-lama, endapan ini akan menyebabkan peradangan, kista, jaringan parut, dan akhirnya menimbulkan berbagai gangguan lain. 
Meskipun kondisi ini sering terjadi pada sistem reproduksi, bukan berarti anda tak bisa hamil. Jangan cemas, sebab kemungkinan untuk hamil selalu ada. Berbagai hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat 40-50% wanita dengan endometriosis yang diberikan obat kesuburan dapat hamil dengan normal dan wanita yang telah  menjalani operasi  yang disebabkan oleh jaringan endometrium memiliki kesempatan hamil 30-80%. Namun, cara ini tergantung dengan  kondisi masing-masing individu.
Konsultasikan pada dokter spesialis obstetri & gynekologi (obsgyn) mengenai kondisi saat ini, dan konsultasikan bagaimana perencanaan program kehamilan yang baik dan tepat bagi anda.
 
Salam Sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.