Ukuran penis

Hi dok, umur saya 17. Tinggi saya 165 dan itu berhenti tumbuh sejak umur saya 14 tahun, dan ketika 17 saya merasa penis saya kecil apakah penis saya masih bisa tumbuh besar? Soalnya tinggj saya sudah berhenti tumbuh

1 Jawaban Dokter

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Pertumbuhan anak laki-laki biasanya akan berhenti pada usia 16-17 tahun dan pertumbuhan tingginya mencapai puncak pada usia 14 hingga 15 tahun. Pada masa pubertas, pertumbuhan alat kelamin laki-laki akan berkembang dengan pesat. Ketika pubertas berhenti, maka pertumbuhan alat kelamin juga berhenti. Namun, ketika 1 tahun pubertas berakhir, ukuran penis dan testis masih dapat tumbuh sekitar 1 atau 2 tahun setelahnya.
Kemudian, penis dapat diukur bila sedang ereksi maksimal. Bila  Anda sudah memiliki ukuran penis di atas 12 cm, jangan khawatir karena ukuran itu sudah termasuk normal untuk ukuran orang Indonesia. Mikropenis terjadi bila keadaan penis dengan bentuk normal tapi dengan ukuran kurang dari 2.5 Standar Deviasi di bawah rerata menurut umur dan status perkembangan pubertas.  Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis androlog untuk memastikan ukuran penis termasuk mikropenis apa bukan.
Semoga bermanfaat,

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.