1 Jawaban Dokter

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok,
Ereksi normal pada pria dapat terjadi bila ada sirkulasi hormon yang cukup, sirkulasi aliran darah yang cukup ke penis, saraf di sekitar penis bekerja dengan baik, dan adanya nafsu seksual yang merangsang terjadinya ereksi. Kesulitan ereksi saat berhubungan sering disebut dengan disfungsi ereksi. Penyebab gangguan ini adalah ketidakseimbangan hormon, kerusakan saraf, kelainan pembuluh darah, trauma (terutama pada tulang belakang), riwayat operasi pada daerah panggul, penggunaan obat tertentu, merokok, konsumsi alkohol, dan penyakit tertentu (penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes melitus), dsb. Selain itu, gangguan psikis seperti stres, cemas, depresi, masalah dalam hubungan, rasa malu dan bersalah dan kondisi psikis lainnya dapat berkontribusi sebagai penyebab gangguan ini.
Bicarakan hal ini dengan pasangan seksual Anda serta dokter sehingga dapat diketahui penyebabnya. Ada beberapa tes sederhana yang dapat Anda jalani seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol, atau kadar testosterone untuk melihat penyebab gangguan ini.
Disfungsi ereksi dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat seperti olahraga teratur, menjaga berat badan normal, hindari merokok dan penggunaan obat terlarang, batasi konsumsi alkohol, tidur teratur (7-8 jam sehari), kelola stres serta kontrol kesehatan Anda secara berkala ke dokter.
Semoga bermanfaat,

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.