cara mengempeskan benjolan di kemaluan wanita

sora dok, saya mau tanya, hari kamis lalu tiba2 muncul benjolan di vagina kanan saya, kalo kesenggol or saat melebarkan paha , jdinya agak sakit. trus saat mengejan saat bab juga lumayan sakit. sekarang sudah 4hari benjolan trsbt tidak hilang.
kira2 pnyebab benjolan tsb muncul knp ya dok?
bagaimana cara menghilangkannya dok?
apakan perlu dioperasi ?
dan apakan berbahaya ?
terima kasih dok

1 Jawaban Dokter

Staff 27/05/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Benjolan di area vagina memang sangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman, benjolan di dalam vagina dan sekitar area kelamin wanita tentu membuat cemas. Terlebih jika benjolan tersebut disertai gejala lain, seperti gatal, iritasi atau ruam, hingga nyeri.

  • Kista vagina, benjolan di dalam vagina bisa jadi pertanda adanya kista. Kista vagina biasanya muncul di dinding vagina, berupa benjolan keras seukuran kacang polong atau bisa lebih besar. Ada beberapa jenis kista vagina, di antaranya kista Bartholin, kista inklusi, kista Müllerian, dan kista Gartner. Kista vagina umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Hanya saja, jika ukurannya besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan seks, saat berjalan atau berolahraga, dan saat memakai pembalut jenis tampon. Jika kista mulai menimbulkan rasa sakit dan nyeri, itu pertanda bahwa kista sudah terinfeksi.
  • Kista vulva, kista vulva terjadi ketika kelenjar yang ada di sekitar vulva tersumbat. Ukuran kista ini bervariasi, tetapi umumnya hanya benjolan kecil yang keras dan tidak terasa sakit, kecuali jika sudah terinfeksi. Kista jenis ini biasanya hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. 
  • Kutil kelamin, benjolan di dalam vagina bisa jadi pertanda kutil kelamin. kutil kelamin termasuk penyakit menular seksual yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan berukuran kecil di sekitar area labia, di dalam vagina, di leher rahim, dan bahkan di sekitar anus. Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Penyebarannya bisa melalui berhubungan seksual baik melalui vagina, seks anal, dan seks oral.
  • Herpes genital, juga merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Biasanya ditandai dengan adanya gatal, kesemutan, muncul luka seperti sariawan, serta benjolan pada alat kelamin yang berisi cairan bening. Selain itu, juga akan muncul gejala berupa demam dan rasa sakit di area kelamin dan bokong. Herpes genital ditularkan melalui seks vaginal (lewat vagina), oral (lewat mulut), atau anal (lewat anus).

Kami sarankan untuk kontrol ke dokter kandungan segera untuk mengetahui jenis benjolan tersebut dan untuk penanganan lanjut, untuk sementar pada area benjolan dapat dilakukan kompres air dingin.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.