1 Jawaban Dokter

Staff 27/05/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Sinusitis adalah proses peradangan atau infeksi dari satu atau lebih pada membran mukosa sinus paranasal dan terjadi obstruksi dari mekanisme drainase normal. Sinus paranasal adalah rongga di dalam tulang kepala yang terletak disekitar hidung dan mempunyai hubungan dengan rongga hidung melalui ostiumnya. Ada 4 pasang sinus yang terbesar yaitu sinus maksila, sinus frontalis dan sfenoid kanan dan kiri dan beberapa sel-sel kecil yang merupakan sinus etmoid anterior dan posterior. Secara klinis sinusitis dapat dikategorikan sebagai sinusitis akut bila gejalanya berlangsung dari beberapa hari sampai 4 minggu, sinusitis subakut bila gejala berlangsung 4 sampai 8 minggu sedangkan kronis berlangsung lebih dari 2 bulan. Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, hipertrofi konka media, benda asing di hidung, polip serta tumor di dalam rongga hidung merupakan faktor penyebab terjadinya sinusitis. Faktor penyabab lainnya ialah adanya riwayat alergi, lingkungan berpolusi, udara dingin serta kering, yang dapat mengakibatkan perubahan pada mukosa serta kerusakan silia.
Gejala yang timbul dapat berupa demam, malaise dan nyeri kepala, wajah terasa bengkak, penuh, dan gigi terasa nyeri pada gerakan kepala mendadak, misalnya sewaktu naik atau turun tangga, seringkali terdapat nyeri pipi khas yang tumpul dan menusuk, sekret (ingus) mukopurulen dapat keluar dari hidung dan terkadang berbau busuk, batuk iritatif non produktif seringkali ada.
Jika keluhan semakin berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis THT untuk penanganan lanjut.
Semoga bemanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.