1 Jawaban Dokter

Staff 27/05/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Pola menu seimbang adalah susunan makanan yang digunakan atau dikonsumsi seseorang untuk sekali makanatau untuk sehari. Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai. Sehingga memenuhi kebutuhan gizi guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak, dalam proses kehidupan. Berikut pola menu gizi seimbang : 

  1. Makanan pokok untuk memberi rasa kenyang : nasi, jagung, ubi jalar, singkong, dan lain-lain.
  2. Lauk untuk memberi rasa nikmat sehingga makanan pokok pada umumnya mempunyai rasa netral, lebih terasa enak seperti : lauk hewani berupa daging ayam, ikan dan lain-lain, serta lauk nabati seperti kacang-kacangan, hasil olahan tahu, tempe, oncom, dan lain-lain.
  3. Sayur, yaitu untuk memberi rasa segar dan melancarkan proses menelan makanan, karena biasanya dihidangkan dalam bentuk berkuah : sayur dan umbian, kacang-kacangan.
  4. Buah, untuk pencuci mulut : pepaya, nenas, pisang, jeruk dan lainnya.

Ada beberapa peran dasar yang diharapkan dapat digunakan oleh orang dewasa dan sebagai pedoman praktis untuk mengatur makanan sehari-hari yang seimbang dan aman guna mencapai dan mempertahankan status gizi dan kesehatan yang optimal :

  1. Makanlah aneka makanan yang segar
  2. Konsumsilah makanan yang baik guna untuk kebutuhan energi
  3. Makanlah makanan yang karbohidratnya cukup
  4. Gunakan garam beryodium
  5. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya
  6. Lakukan olah raga secara teratur
  7. Hindari minuman beralkohol
  8. Makanlah makanan yang sehat dan aman bagi kesehatan

Jika ingin berhemat, anda bisa memasak masakan tersebut. Namun jika alat tidak memadai, anda bisa memasak nasi sendiri dan membeli lauk pauk.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.