Bayi sy 15bln tertelan tabung plastik silikon 2cm, diameter 0,5cm. Apa yang akan terjadi? Apakah benda tersebut bisa keluar bersama BAB? Sy cemas.

Bayi sy 15bln tertelan tabung plastik silikon 2cm, diameter 0,5cm. Apa yang akan terjadi? Apakah benda tersebut bisa keluar bersama BAB? Sy cemas. Tp sejauh ini bayi kasih ceria

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Saya mengerti kekhawatiran sobat. Benda asing yang masuk kedalam tubuh baik itu ke lubang telinga, hidung, mulut, saluran pencernaan dan bagian tubuh lainnya dikenal sebagai corpus alienum. Apabila anak tidak batuk, sesak atau pun kesulitan bernafas berarti benda tersebut tidak menghambat saluran nafas dan masuk ke dalam saluran pencernaan. Benda yang tertelan melalui saluran pencernaan dapat keluar bersama feses apabila benda tersebut ukurannya lebih kecil dari saluran pencernaan anak dan gerakan peristaltik usus anak baik. Namun perlu diingat akan tetap ada kemungkinan benda tersebut tidak bisa dikeluarkan melalui feses (kotoran).
Sobat perlu memperhatikan apakah muncul gejala muntah, perut kembung, tidak bisa kentut dan tidak bisa BAB pada anak. Hal tersebut menunjukan bahwa terjadi masalah pada pencernaan anak, baik berupa sumbatan pada saluran pencernaan ataupun hal lainnya. Akan lebih baik bila sobat langsung mengkonsultasikan kepada spesialis anak atau pun spesialis bedah agar dilakukan pemeriksaan fisik, USG perut atau CT scan perut dan beberapa pemeriksaan lainnya. Jika memang ada sumbatan maka dokter akan melakukan penanganan pembedahan.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.