1 Jawaban Dokter

Staff 20/05/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Bercak merah pada wajah dan leher terkadang sangat mengganggu. Berikut hal-hal yang dapat mengakibatkan bercak merah : 

  1. Alergi, bercak merah muncul pada kulit setelah memakai bahan tertentu bisa berupa kosmetik, pakaian, dan sebagainya, bisa juga muncul setelah makan makanan tertentu atau menggunakan obat-obatan yang dapat memicu reaksi alergi. Jika pemakaian bahan langsung pada kulit maka area kulit itu saja yang terkena, tetapi apabila penyebab alergi dimakan maka bisa muncul bercak merah pada seluruh kulit tubuh.
  2. Iritasi, kalau iritasi memerlukan beberapa kali kontak dan konsentrasi zat pada taraf tertentu di mana kulit tidak tahan terhadapanya sehingga terjadilah reaksi iritasi yang ditandai dengan kulit kemerahan dan terasa pedih disebut dengan dermatitis kontak iritan.
  3. Biang keringat, Pada bBiang keringat, atau ruam panas,terlihat bintik-bintik merah pada kulit yang terasa pedih dan gatal.
  4. Cuaca, cuaca sangat dingin dan kering dapat menyebabkan bercak pada kulit, terutama pada wajah karena kulit yang tipis dan sering terpapar panas sehingga akan cepat kehilangan kelembaban.
  5. Kurang kebersihan, mengenakan pakaian kotor atau tidak dicuci padahal sudah dipakai untuk aktivitas berat dapat menyebabkan kulit gatal dan timbullah bercak merah. Hal ini terjadi karena pakaian kotor menjadi sarang kuman sehingga dapat menyebebakan iritasi dan peradangan pada kulit.
  6. Terpapar matahari, jika kulit terkena sinar ultraviolet dari matahari dalam jumlahvyang banyak, maka akan dapat menyebabkan kulit menjadi memerah, nyeri atau mengembangkan rasa sakit.

Untuk memastikan apa yang terjadi, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis kulit kelamin untuk penanganan lebih lanjut. Untuk sementara anda dapat melakukan jaga kebersihan pada sekitar wajah dan leher, jaga kelembapan kulit, kompres dengan air dingin, jika beraktivitas pada siang hari pakai pelembap dengan spf tinggi atau gunakan masker.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.