Appakah ada efek samping minum peninggi badan

Dok saya mau minum obat penambah tinggi badan. Trus ada komposisi Zincic Notoginseng 36% Radix REHMANNIC 14% Radix PHEONIAE ALBA 10% Plasenta HORMONIS 18,8% AUGECHCAE Radix Sinensis 16% RHIZOMACHUANXING 5,2%. Yang saya mau tanyakan apakah komposisi tersebut aman untuk dikonsumsi atau ada efek samping?

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Perlu diketahui bahwa tinggi badan seseorang akan berhenti bertambah saat akhir masa pubertas yaitu ketika lempeng epifisis sudah tertutup, sekitar usia 15-22 tahun. Lempeng epifisis merupakan bagian dari tulang panjang yang bertanggung jawab dalam pertambahan panjang tulang sehingga tinggi badan bertambah. Ketika lempeng ini sudah tertutup maka kemungkinan tinggi badan akan bertambah akan sangat sedikit. 
Sobat dapat menghitung perkiraan tinggi badan maksimal yang bisa sobat capai berdasarkan tinggi badan kedua orang tua dengan rumus berikut ini:

  • untuk perempuan (tinggi badan Ayah -12.7 cm + tinggi ibu) : 2 
  • untuk laki-laki: (tinggi badan Ayah +12.7 cm + tinggi ibu) : 2 
  • Catatan : rumus ini hanya sebagai perkiraan saja. Pertumbuhan tinggi seseran selain faktor genetik juga dipengaruhi oleh asupan gizi, aktivitas, olahraga, dan penyakit yang diderita.

Sebelum mengkonsumsi suatu obat sebaiknya sobat melakukan cek terlebih dahulu apakah obat tersebut tidak kadaluarsa, terdapat aturan pakai yang jelas, dan yang paling penting terdaftar di BPOM. Meskipun obat yang berlabel herbal sekalipun apabila tidak terdaftar pada BPOM maka ditakutkan telah dicampur dengan obat-obatan lain yang berbahaya. Kandungan yang sobat jelaskan diatas sebagian merupakan chinese herb seperti radix pheonia alba & rhizoma chuaxiong, akan tetapi berdasarkan jurnal kedua kandungan ini digunakan untuk melancarkan aliran darah bukan untuk meninggikan. Untuk kandungan lainnya seperti plasenta hormonis, kita tidak tau yang dimaksud disini adalah plasenta asli yang bersumber dari apa. Apakah plasenta dari hewan ataukah manusia?
Oleh karena itu, untuk mengetahui suatu produk obat aman atau tidak ada baiknya sobat melakukan cek ke website BPOM berikut ini : website BPOM. Sobat dapat melakukan pencarian berdasarkan nama produk. Apabila tidak ada didaftar BPOM, maka keamanan produk tersebut dipertanyakan. Selain itu, akan lebih baik sobat mengkonsultasikan diri ke dokter spesialis orthopedi untuk mendapatkan penanganan khusus untuk menaikan tinggi badan.
Terima kasih banyak. Semoga bermanfaat.
Bahan bacaan : 
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3732420/
https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/radix-paeoniae-alba

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.