keluar darah menetes saat BAB

Hallo dok, saya ingin bertanya nih
Kenapa ya dok BAB saya akhir2 ini selalu berdarah, bahkan darahnya menetes dok, beberapa hari sebelum BAB saya berdarah perut sebelah kiri saya sakit seperti keram tetapi skrng sudah hilang dok, kira-kira kenapa ya dok? Terimakasih Dok

1 Jawaban Dokter

Staff 14/05/2019
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Apakah BAB anda keras ? Apakah BAB Anda berwarna merah segar atau berwarna merah gelap? Apakah menetes atau bercampur dengan tinja?Apakah ada hal lain yang menyertai, misal nya adanya benjolan yang keluar dari lubang pantat yang bisa masuk kembali atau tidak bisa masuk kembali.
Kemungkinan terkait keluhan tersebut, BAB yg keras dapat menyebabkan iritasi mukosa di daerah anus sehingga menyebabkan luka dan biasanya darah berwarna merah segar, dan dapat menetes. Jika demikian, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan berserat dan minum air putih.  Penanganan dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Jika terdapat darah berwarna kehitaman, kemungkinan penyebabnya adalah luka di lambung, jika demikian, sebaiknya menghindari makanan yg menstimulasi peningkatan asam lambung sehingga berpotensi melukai dinding lambung, seperti makanan pedas, asam, kopi, soda, mie, dsb. Jika anda masih merasa khawatir anda dapat melakukan pemeriksaan dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yg sesuai.
 
Semoga informasi ini bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.