Bagaimana cara mengatasi detak jantung yang berdetak lebih cepat

Halo dok. anak saya sering merasakan detak jantungnya berdetak lebih cepat dari biasanya secara tiba2, dan pada saat yang bersamaan dia merasakan sesak nafas yang benar2 tidak bisa ditahan olehnya hingga dia nangis dan sampai keringat dingin. Pertanyaan saya itu penyakit apa ya dan penyebabnya gara-gara apa dok?
Mohon dijawab. Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 13/05/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Nadi cepat atau takikardi yaitu dimana detak jantung lebih dari 100 x/menit. Takikardi dapat dikatakan (fisiologis) normal dan (non-fisiologis) tidak normal.  Sinus takikardi yang fisiologis menggambarkan keadaan normal atau merupakan respon stress fisiologis(aktivitas fisik, rasa cemas), kondisi patologis (demam, tirotoksikosis (penyakit tiroid), anemia, hipovolemia), atau stress farmakologis untuk menjaga curah jantung tetap stabil. Sedangkan sinus takikardi non fisiologis terjadi akibat gangguan pada sistem vagal, simpatik, atau pada nodus SA sendiri (kelainan pada jantung). 
Pada saat sesak, kami sarankan untuk berikan oksigen, posisikan anak anda setengah duduk atau dalam keadaan duduk, puasakan anak anda saat sedang sesak untuk mencegah terjadinya aspirasi (tersedak), saat sesak perhatikan bibir, kuku jari tangan dan kuku jari kaki apakah membiru atau tidak.
Jika sesak semakin memberat atau semakin sering kami sarankan untuk kontrol ke dokter anak terdekat untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.