Bagaiamana cara menghilangakan kebiasaan buruk saya soal saya terkadang berbicara sendiri dan berkhayal ?

Selamat Malam Dok,
Saya anak yang masih berusia 15 tahun. Saya mau konsultasi sama dok diumur saya ini saya itu sering banget berkhayal sampai saya itu berbicara sendiri. Nah saya ingin tau kenapa sih dok bisa terjadi kayak gini ? dan cara mengatasinya bagaimana ?
Saya cari referensi di Goggle apakah saya ini mengalami penyakit Skizofrenia? Dan apa aja dampak untuk saya yang sering berkayal dan berbicara ini dok?

Mohon Bantuannya Dok,
Terima Kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 08/05/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Setiap manusia pasti pernah berhayal/berimgainasi/melamun, namun kadar seberapa seringnya kebiasaan tersebut berbeda-beda. Kebiasan mengkhayalkan sesuatu atau melamun dikenal dengan istilah daydreaming. Kondisi ini dapat menjadi sebuah mekanisme pertahanan tubuh bagi seseorang yang memiliki kepribadian tertutup atau salah satu bentuk kebiasaan karena kenyataan hidup tidak sesuai dengan keinginan. Apabila kebiasaan tersebut  sudah berlebihan dan bahkan mengganggu hubungan sosialisasi anda dengan orang lain dan lingkungan sekitar maka kondisi tersebut sudah maladaptif dan perlu pemeriksaan ke psikolog atau psikiater. Untuk memastikan apakah memang kondisi yang anda alami ini berhubungan dengan gangguan kejiwaan atau tidak, psikiater akan melakukan wawancara medis  yang lengkap dan menyeluruh, untuk menggali penyebab keluhan. Berikut beberapa kondisi yang disertai dengan berhayal dan berbicara sendiri yaitu pada gangguan kejiwaan seperti psikotik akut, skizofrenia dan depresi. Dampak dari sering menghayal dalam jangka panjang yaitu, tidak dapat membedakan antara keadaan real dan hayalan, mengganggu aktivitas sehari- hari, menurunkan produktivitas, dan mengganggu hubungan anda dengan orang- orang disekitar anda. Berikut hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi melamun :

  • Perbanyak sosialisasi dengan orang sekitar, seperti keluarga, teman-teman dan rekan kerja
  • Lakukan kesibukan agar anda tidak terus menghayal. Jika sulit lakukan kegiatan yang disukai, misalnya bernyanyi, bermain musik, olahraga, dsb
  • Bagikan masalah pikiran anda (curhat) kepada orang-orang terdekat seperti orang tua atau teman dekat, untuk mengurangi beban pikiran anda.
  • Istirahat dan tidur teratur
  • Jangan biasakan sendirian di suatu tempat, karena cenderung akan memberikan kesempatan untuk menghayal dan melamun.

Namun bila anda merasa menghayal dan berbicara sendiri semakin sering atau mendengar suara- suara yang tidak dapat didengar orang lain, atau anda melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat orang lain atau disebut dengan halusinasi, atau anda meyakini sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan (waham), kami sarankan untuk kontrol ke psikiater untuk penanganan lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.