1 Jawaban Dokter

Staff 07/05/2019
Public

Salam sehat Sobat,
Perubahan rasa di mulut (misalnya terasa asin) dapat diakibatkan oleh berbagai sebab, diantaranya dehidrasi, tetesan dari hidung yang jatuh ke belakang mulut (post nasal drip), diet tinggi garam, infeksi, ataupun darah di dalam mulut.
Dehidrasi dapat menyebabkan air liur lebih kental dan mengubah persepsi rasanya. Beberapa tanda kekurangan cairan antara lain rasa haus, urin pekat dan jarang, serta lemas. Tetesan hidung yang jatuh ke belakang mulut sering terjadi, terutama saat anak pilek, menderita alergi, atau sinusitis. Tetesan ini akan berkurang seiring dengan sembuhnya kondisi yang mendasari. Infeksi area mulut dan darah di mulut misalnya karena gigi berlubang yang tidak dirawat, luka di mulut yang tidak disadari (akibat menggigit benda keras, atau tusuk gigi), atau gigi yang hampir tanggal juga dapat menyebabkan perubahan rasa air liur.
Karena gejala sudah berlangsung cukup lama dan tampaknya cukup mengganggu, sebaiknya Sobat membawa anak untuk diperiksa ke dokter dan dokter gigi anak untuk memastikan penyebabnya. Semoga cepat sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.