Diare

Asalamualaikum dok,,,, kemaren anakku aku bawah ke cikarang naik sepeda motor di bawa terik matahari selama perjalanan saya berhenti sekali buat minum sampai di kontrakan anakku rewel lebih banyak minum dan diare seharian karena panik aku periksakan dia ke dokter katanya dehidrasi pertanyaan saya gimana cara mengatasi dehidrasi pd anak usia 12 bulan Sekarang anak ku sudah tidur lumayan nyenyak tapi saya khawatir sih dehidrasi soalnya dari tadi sore popok anak ku tidak basah apakah tidur nyenyak dia sekarang itu tandanya dia memdingan..
Terimakasih dok…
Wasalamualaikum

1 Jawaban Dokter

Staff 06/05/2019
Public

Waalaikuamsalam, Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Diare adalah peningkatan pengeluaran tinja dengan konsistensi lebih lunak atau lebih cair dari biasanya, dan terjadi paling sedikit 3 kali dalam 24 jam. Diare memang dapat mengakibatkan dehidrasi baik pada anak maupun dewasa. Jika dehidrasi yang harus kita lakukan yaitu rehidrasi, yaitu menambah cairan yang telah terbuang saat diare, berkeringat, dll.
Tanda- tanda anak dehidrasi yaitu : 

  • Ubun-ubun kecil cekung
  • Mata cekung
  • Lidah dan bibir kering
  • Gerak anak tidak aktif
  • Rasa haus yang berlebihan

Oleh karena itu, berikan oralit pada anak diare, minum yang cukup, makan makanan yang lunak, pantau produksi urin, jika produksi urin sedikit atau tidak ada sama sekali kami sarankan untuk ke IGD rumah sakit terdekat.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.