gatal dan diare berkepanjangan

dok,ayah saya usia 56 mengalami terlalu sering buang air besar setiap hari disertai rasa mulas sejak 1 tahun yg lalu (sehari bisa 5-10x BAB) sudah diperiksakan k bbrapa dokter dan tidak ad jawaban yg pasti tentang penyakitnya, dan beberapa bulan terakhir ini dia menderita gatal2 di kulit beberapa bagian tubuh dan berpindah2, 2 minggu terakhir ini penyakit beliau semakin parah, hingga dirawat di rs selama 1 minggu dan kembali tidak mendapatkan kepastian yg jelas mengenai penyakitnya bahkan gatal2 sekarang diseluruh tubuh juga diare semakin parah, yg saya tanyakan adalah kemana kira2 kami bisa memeriksakan penyakit beliau secara spesifik? dokter apa dan tindakan apa yg cocok supaya beliau mendapatkan kepastian dan penanganan yang tepat mengenai penyakitnya?? besar harapan kami untuk segera mendapat jawaban dari dokter, terimakasih

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Saya mengerti kekhawatiran sobat terhadap kondisi ayahnya. Diare yang berkepanjangan bahkan bila benar sampai dengan satu tahun merupakan diare kronis. Diare kronis terkadang merupakan pertanda awal dari gejala penyakit lain seperti irritable bowel syndrome (IBS), inflammatory bowel disease (Crohn disease and ulcerative colitis), malabsorption syndromes dimana makanan sukar untuk dicerna dan diserap, infeksi kronis, dll.
Sobat dapat membawa ayahanda ke dokter penyakit dalam subspesialis Gastroenterologi-Hepatologi (Sp.PD-KGEH) untuk dilakukan pemeriksaan mendalam termasuk salah satunya tindakan endoskopi (memasukan kamera kecil kedalam saluran cerna untuk meneropong keadaan disaluran cerna & mencari penyebab kelainan yang terjadi). Untuk keluhan gatal-gatal sobat dapat mengkonsultasikan keluhan tersebut ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui apakah gatal-gatal tersebut hanya gatal biasa ataukah ada hubungan dengan penyakit sistemik lainnya.
Terima kasih banyak, semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.