Nyeri Punggung Bawah

Halo Dok, Saya Fadli 27 tahun.

Beberapa bulan terakhir saya memiliki keluhan nyeri di punggung bawah. Jika terlalu lama duduk, kaki dan area selangkangan akan terasa ngilu dan jika saya berdiri sehabis duduk akan ada perasaan kaku di punggung belakang sebelum akhirnya bisa berdiri tegak. Lalu saat bersin terkadang seperti ada urat di punggung bawah yang tertarik.

Lalu puncaknya kemarin, saat saya sedang dalam posisi telungkup menuju duduk, bagian itu terasa sakit sekali sehingga saya sama sekali tidak bisa duduk dan dan berdiri. Saya dibawa ke klinik akupuntur untuk diobati, dan setelahnya bisa duduk dan berdiri walau masih ada sedikit rasa nyeri. Menurut terapis akupuntur, tulang punggung saya bengkok dan tulang pinggul saya tidak sejajar.

Tapi saya ingin mendapatkan opini medis soal keluhan saya. Jadi dengan keluhan ini, ke mana saya harus periksa? Dokter tulang, Dokter syaraf, atau ke Fisioterapis?

Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Gejala yang sobat sebutkan diatas dikenal dengan low back pain (LBP).  Meskipun secara umum timbulnya nyeri pada bagian pinggang disebabkan karena adanya tekanan pada susunan saraf tepi atau karena saraf kejepit. LBP juga dapat disebabkan oleh ;

  1. Trauma, trauma disini misalnya pada benturan langsung seperti pada kecelakaan lalu lintas, dan benturan tidak langsung, seperti pada orang yang terjatuh dari ketinggian, yang dapat menyebabkan patah atau bergesernya tulang belakang.
  2. Regangan otot atau muscle sprain Terjadi terutama pada cedera olahraga, terutama bila kurang disertai pemanasan. Dapat juga terjadi pada pembebanan atau distorsi mekanik atau fisik seperti memungut barang di lantai dengan posisi membungkuk.
  3. Penyakit metabolisme tulang dan degeneratif atau proses penuaan Pada penderita osteoporosis, osteomalasia, osteoarthritis, herniasi nucleus pulposus (HNP).
  4. Penyakit ginjal atau saluran kemih Gangguan saat BAK (buang air kecil).
  5. Penyakit infeksi Pada tuberculosis dan spondylitis.
  6. Penyakit keganasan atau kanker Osteoid osteoma, multiple myeloma.

Keluhan LBP ini dapat ditangani oleh spesialis orthopedi (tulang) ataupun spesialis saraf tergantung penyebab utamanya. Jika memang tulang belakang bengkok atau skoliosis terjadi pada sobat seperti yang dikatakan diatas. Sobat dapat mengkonsultasikan ke spesialis orthopedi terlebih dahulu, nantinya spesialis orthopedi yang akan merujuk ke spesialis saraf ataupun spesialis fisioterapis untuk penanganan lebih lanjut bila dibutuhkan.
Sobat dapat membaca artikel berikut ini : Low back pain.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.