Bagaimana menyembuhkan teinga saya

Selamat Malam Dok,

Akhir-akhir ini saya mempunyai masalah dengan telinga saya. Telinga sebelah kanan saya memiliki gangguan mendengar apa yang saya ucapkan tetapi saya dapat mendengar suara orang lain dan telinga saya berbunyi terus di dalam. Saya sudah periksa di dokter umum tetapi kata dokternya, tidak ada sesuatu yang aneh dengan telinga saya. Setelah beberapa hari, telinga saya tidak sembuh-sembuh. Bagaimana ya Dokter untuk mengoatinya. apakah ini ada hubungannya dengan masuk angin atau panas dalam saya?
terimakasih dok

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Gejala telinga berbunyi atau berdengung terus menerus dalam bahasa medis disebut dengan tinnitus. Tinnitus bukan merupakan penyakit, namun merupakan sebuah gejala dari kondisi kesehatan tertentu.
Tinnitus yang terus menerus terjadi dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Penyebabnya juga terkadang sulit diketahui dengan pasti. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya tinnitus ;

  • Kerusakan pada telinga bagian dalam. Pada kondisi normal, suara yang masuk ke telinga akan dikirim ke otak oleh saraf-saraf pendengaran setelah sebelumnya melalui suatu rongga berbentuk spiral yang disebut koklea. Jika terjadi kerusakan pada koklea, proses penghantaran gelombang suara akan terputus dan otak akan terus mencari sinyal dari koklea yang tersisa sehingga menyebabkan bunyi tinnitus. 
  • Pajanan suara atau bunyi yang nyaring, contohnya mendengar musik yang terlalu keras melalui earphone, pekerja pabrik yang menangani mesin-mesin berat, atau mendengar bunyi ledakan. Pajanan jangka pendek biasanya akan menyebabkan tinnitus yang bisa hilang sendiri.
  • Penumpukan kotoran dalam telinga atau cairan akan menghalangi pendengaran dan bisa memicu iritasi pada gendang telinga akibat tumbuhnya bakteri.
  • Infeksi pada telinga bagian tengah.
  • Penyakit Meniere & paget.
  • Cedera kepala atau leher.
  • Efek samping obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, kina, antidepresan tertentu, serta aspirin.
  • Gangguan kardiovaskular, misalnya hipertensi atau aterosklerosis.
  • Pertumbuhan tulang telinga abnormal
  • Kehilangan pendengaran karena lanjut usia dan berbagai penyebab lainnya.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang sobat alami ada baiknya memeriksakan langsung ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan test pendengaran (audiometeri), dan beberapa pemeriksaan lainnya (pemeriksaan darah, CT scan, dan MRI) apabila diperlukan.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.