nyeri tulang belakang

saat duduk agak lama dan bangun tidur tulang belakang sering nyeri. hasil cek mri bantalan tulang belakang lumbal 5,6 ada penipisan. apakah ada obatnya u menebalkan kembali selain operasi. terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 18/04/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Nyeri punggung bawah (low back pain) merupakan manifestasi keadaan patologik yang dialami oleh jaringan atau alat tubuh yang merupakan bagian pinggang atau yang ada di dekat pinggang. Hal ini mungkin disebabkan oleh masalah saraf, iritasi otot atau lesi tulang. Nyeri punggung bawah dapat mengikuti cedera atau trauma punggung, tapi rasa sakit juga dapat disebabkan oleh kondisi degeneratif seperti penyakit artritis, osteoporosis atau penyakit tulang lainnya, infeksi virus, iritasi pada sendi dan cakram sendi, atau kelainan bawaan pada tulang belakang. Obesitas, merokok, berat badan saat hamil, stres, kondisi fisik yang buruk, postur yang tidak sesuai untuk kegiatan yang dilakukan, dan posisi tidur yang buruk juga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.  Gejala penyakit punggung yang sering dirasakan adalah nyeri, kaku, deformitas, dan nyeri serta kesemutan atau rasa lemah pada tungkai.
Lumbal corset merupakan alat bantu yang dipakai pada tubuh terutama pada daerah pinggang yang berfungsi sebagai penyangga tubuh agar lebih stabil dan terasa nyaman saat aktifitas kerja berlangsung, lumbal corset direkomendasikan kepada orang-orang dengan keluhan LBP sebagai stabilisasi pada bagian lumbal, untuk memfasilitasi gerakan-geraka membungkuk, dan untuk mengurangi nyeri. Lakukan olahraga, tentunya olahraga yang tidak menitik beratkan pada lumbal, tidak mengangkat benda-benda yang berat, fisioterapi, bila perlu minum obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.