1 Jawaban Dokter

Staff 18/04/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Tidur didefinisikan sebagai suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya.  Tidur merupakan salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan kelelahan mental. Dengan tidur semua keluhan hilang atau berkurang dan akan kembali mendapatkan tenaga serta semangat untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Rasa pegal, nyeri kaki dan keram saat bangun tidur memang sangat tidak nyaman, kemungkinan hal ini diakibatkan : 

  1. Salah Posisi Tidur, posisi tidur seseorang memang sangat berpengaruh bagi kebugaran serta kesegaran tubuh. Posisi tidur yang salah selama berjam-jam akan menyebabkan aliran darah pada tubuh berkurang yang mengakibatkan pasokan oksigen di area tersebut menurun, sehinggan menyebabkan nyeri dan pegal.
  2. Kurang Olahraga, olahraga memang bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan olahraga, peredaran darah juga akan menjadi lancar sehingga darah bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Jika anda kurang berolahraga pada bagian tubuh terutama otot akan terasa kaku dan mengakibatkan rasa nyeri dan pegal-pegal di seluruh tubuh.
  3. Kelebihan Berat Badan, Memiliki badan yang terlalu gemuk juga tidak baik untuk kesehatan. Badan yang terlalu gemuk akan menimbulkan berbagai macam penyakit, khususnya obesitas. Selain itu, jika Anda memiliki kelebihan berat badan akan mengganggu kenyaman tidur Anda, karena pada saat sedang tidur, sendi-sendi dalam tubuh akan tertekan. Hal tersebut jika dibiarkan terlalu lama, maka akan membuat sendi semakin tegang sehingg membuat sendi dan otot terasa pegal dan nyeri.

Oleh karena itu, usahakan posisi tidur yang baik, rajin berolahraga dan usahakan berat badan normal.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.