1 Jawaban Dokter

Staff 15/04/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Dismenore atau nyeri haid merupakan gejala yang paling sering dikeluhkan oleh wanita usia reproduktif. Nyeri atau rasa sakit yang siklik bersamaan dengan menstruasi ini sering dirasakan seperti rasa kram pada perut dan dapat disertai dengan rasa sakit yang menjalar ke punggung, dengan rasa mual dan muntah, sakit kepala ataupun diare. Oleh karena itu, istilah dismenore hanya dipakai jika nyeri haid tersebut demikian hebatnya, sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaan atau cara hidupnya sehari-hari untuk beberapa jam atau beberapa hari. Terdapat 2 jenis dismenore

  1. Dismenore Primer, Merupakan nyeri haid yang tidak terdapat hubungan dengan kelaiann ginekologi, atau kelainan secara anatomik. Gejala dismenore primer ini semakin berkurang jika dikaitkan dengan jumlah melahirkan.
  2. Dismenore Sekunder, Nyeri haid yang disebabkan oleh kelainan ginekologi atau kelainan secara anatomi. Gejala dismenore sekunder ini dapat ditemukan pada wanita dengan endometriosis, adenomiosis, obstruksi pada saluran genitaia, dan lain-lain. Sehingga pada wanita dengan dismenore sekunder ini juga dapat ditemukan dengan komplikasi lain seperti dyspareunia, dysuria, perdarahan uterus abnormal, infertilitas dan lain-lain.

Oleh karena itu kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan selanjutnya. Apabila masih nyeri anda bisa minum obat anti nyeri, tentunya dengan resep dokter.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.