kapan harus melakukan testpack

hi dok, saya sudah telat haid 4 hari. 2 hari ke belakang saya merasa mual tapi tidak sering dan tidak muntah. karna saya akan pergi ke luar kota, saya penasaran untuk melakukan testpack. akirnya saya testpack tadi pagi, hasil test nya menunjukkan garis 2. apakah itu sudah berarti tanda hamil? kapan saya harus melakukan testpack ulang untuk memastikan? terimakasih..

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Test pack adalah alat uji kehamilan yang digunakan untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel test mengandung hormon HcG. Hormon Hcg ini produksi oleh plasenta untuk membantu mempertahankan kehamilan dan mempengaruhi perkembangan bayi (fetus). Tanda garis dua pada test pack menunjukan positif urine mengandung hormon HcG atau menandakan kemungkinan seseorang hamil. Untuk semakin memperjelas kemungkinan hamil, sobat dapat mengulangi test Hcg di urin ( test pack) satu minggu lagi atau sobat dapat memeriksakan kadar HcG didalam darah karena lebih akurat dibandingkan kadar HcG urin.
Ada baiknya sobat mengetahui beberapa tanda pasti, kemungkinan, dan tidak pasti kehamilan sebagai berikut ;

  1. Tanda tidak pasti Kehamilan : Terlambat haid atau tidak haid sesuai jadwalnya, mual & muntah, nafsu makan berkurang, perut keram, mood swing, perubahan payudara, perubahan berat badan, nyeri punggung, sulit BAB, dan merasa mudah lelah.
  2. Tanda kemungkinan kehamilan : Pemerikaaan HCG (Human chorionic Gonadotropin) positive pada pemeriksaan air seni saat melakukan tes pack. 
  3. Tanda pasti kehamilan : 
  • Gerakan janin yang dapat dilihat, dirasa atau diraba, dan bagian-bagian janin lainnya
  • Adanya denyut jantung janin, dengan cara: Didengar dengan stetoskop monoral laennec, terdeteksi dengan doppler, tercatat dengan alat feto elektrokardiogram atau dilihat dengan USG

Bila sobat ingin melakukan perjalanan keluar kota, ada baiknya sobat memeriksakan terlebih dahulu ke spesialis kandungan. Pada umumnya usia 4 minggu kantung janin sudah dapat terlihat dengan USG transvaginal dan pada usia 5 bulan sudah bisa terlihat dengan USG abdominal. USG pada awal kehamilan juga berfungsi untuk mengetahui apakah letak kantung kehamilan sudah pada tempatnya (rahim) atau terjadi implantasi di luar rahim (kehamilan ektopik).
Terima kasih banyak, semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.