anak sering diare

anak laki-laki usia 3tahun 6 bulan bb:13kg tinggi 90. sering kali diare jika memakan produk yang mengandung susu sapi. dari tgl 1 april ini saya berisi susu neocate advance. kira2 brp lama anak saya bisa menkonsumsi susu tersebut. apa efek sampingnya jika meminum susu tsb dlm jangka lama? lalu bagaimana cara atau tahapan dalam mengembalikan ke susu sapi lagi.trma kasih

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Diare pada anak ketika mengonsumsi produk olahan susu sapi dapat disebabkan oleh alergi susu sapi atau pun intoleransi laktosa. Sering terjadi kesalahpahaman antara dua penyakit ini karena gejala yang timbul hampir mirip. Alergi susu sapi disebabkan oleh reaksi abnormal dari sistem imun tubuh ketika kontak dengan zat alergen. Sedangkan pada intoleransi laktosa disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mencerna kandungan laktosa pada susu. Penanganan awal dapat dilakukan penghentian pemberian produk olahan susu sapi dan diganti dengan susu berbasis asam amino atau susu soya.
Terdapat perbedaan pada penanganan lanjutan kasus alergi susu sapi dan intoleransi laktosa. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat membawa anaknya untuk diperiksakan ke dokter Spesialis anak terlebih dahulu, sehingga dapat diketahui secara pasti penyebab diare akibat produk olahan susu sapi tersebut. 
Sobat juga dapat membaca artikel berikut ini : alergi susu sapi.
Terima kasih. Salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.