demam sering kali naik turun dan badan sangat kurus

Begini dok, sepupu saya mengalami demam yang naik turun, dan kadang-kadang juga mengalami sakit kepala. berat badannya juga langsung menurun dtrastis. pertama sepupu saya dibawa ke puskesmas tapi dokternya bilang tifus stadium tiga, selanjutnya di rujuk ke rumah sakit daerah dan hasil test darahnya menunjukkan bahwa sepupu saya terkena virus. awalnya sepupu saya terkena cacar setelah cacarnya hilang sepupu saya mulai merasan demam yang naik turun dan badan sepupu saya mengalami penurunan yang drastis. yang ingin saya tanyakan apa sebenarnya penyakit yang di derita oleh sepupu saya dok??, apakah memang karena adanya virus atau ada penyakit lain dok? dan mohon di jelaskan pula cara penanganannya dok??.. mohon bantuannya dok, makasih sebelumnya.

1 Jawaban Dokter

Staff 02/04/2019
Public

Selamat siang Sobat,
Demam merupakan respon tubuh terhadap adanya infeksi, baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Untuk menentukan penyebab demam perlu diketahui berapa lama dan kapan terjadinya demam (misalnya malam hari saja atau tidak menentu), berapa tinggi suhu demam yang terjadi, apakah membaik dengan pemberian obat penurun panas, serta gejala lain yang menyertai. Penting untuk memperhatikan gejala-gejala lain yang dialami untuk membantu menegakkan diagnosis. Dikatakan sepupu Sobat menderita cacar dan demam tifoid, apakah kedua hal ini terjadi di saat yang sama atau berurutan? Adanya penyakit yang diderita sebelumnya juga mungkin mempengaruhi proses demam yang dialami.
Tata laksana demam akan tergantung dari penyebabnya. Untuk penanganan di rumah, dapat diberikan obat penurun panas seperti paracetamol dan minum air yang cukup.
Saya sarankan agar sepupu Sobat kembali berkonsultasi ke dokter dengan membawa hasil pemeriksaan yang sudah pernah dilakukan, catatan pola demam, serta obat-obatan yang sudah digunakan. Semoga cepat sembuh. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.