Tindakan untuk infark kronis di ganglia basal dan kapsul eksternal kiri

Saya pria 55 tahun, menderita diabetes sejak 20 tahun yang lalu. Hba1c saya adalah 8 pada 3 bulan terakhir, sudah di pasang 3 buah ring di jantung 3 tahun yang lalu, sekarang ini kaki kiri sering kesemutan dan hilang keseimbangan. Dilakukan MRI dan MRA dengan hasil infark kronis di ganglia basal dan kapsul eksternal kiri

1. Tindakan medis apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi seperti ini?
2. Ada kemungkinan terjadi serangan kembali yg lebih buruk?
3. Diamana dan dokter siapa bisa saya kunjungi untuk mendapatkan penanganan yang tepat ?

1 Jawaban Dokter

Staff 01/04/2019
Public

Salam sehat pak Suryap,
Infark merupakan kondisi dimana jaringan tubuh terkait mengalami kerusakan akibat kekurangan oksigen. Infark di ganglia basal memang dapat menyebabkan gejala antara lain kelemahan satu sisi tubuh dan gangguan keseimbangan, tapi akan tergantung oleh derajat keparahan dan kapan infark tersebut terjadi. Terapi yang dapat dilakukan untuk infark pun akan tergantung dari luas dan usia infark. Karena infark Bapak dikatakan kronis, artinya sudah terjadi beberapa waktu lalu, maka dapat diperkirakan menurut waktu terjadinya apakah kesemutan dan kehilangan keseimbangan yang Bapak derita hanya disebabkan oleh kondisi tersebut atau dipengaruhi kondisi lain, misalnya diabetes. 
Biasanya infark terjadi karena gangguan pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat. Penyempitan ini dapat terjadi karena berbagai hal, di antaranya akibat penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes. Pencegahan serangan berulang yang dapat dilakukan adalah dengan mengontrol penyakit kronis yang Anda derita, berhenti merokok, kurangi stres, dan pola hidup sehat.
Sebaiknya Bapak berdiskusi dengan Dokter Bapak untuk menentukan tingkat keparahan, kemungkinan penyebab, dan tata laksana yang sesuai untuk kondisi Bapak.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.