Saya baru menggunakan produk nutri baby 0-6 bln

Untuk produk tersebut apakah aman digunakan dalam waktu jangka panjang, karena kebetulan asi saya tidak keluar.

1 Jawaban Dokter

Staff 30/03/2019
Public

Selamat Pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Untuk anak uia 0-6 bulan, asupan terbaik tetaplah ASI. Ada beberapa cara untuk melancarkan produksi ASI.
1. Kontak kulit ibu dan bayi
Faktanya, kontak antar kulit dengan ibu dan anak sebenarnya sangat membantu untuk merangsang oksitosin dan prolaktin, hormon yang terlibat dalam produksi ASI. Sobat dapat mendekap bayi langsung bersentuhan kulit dan menawarkan payudara mengikuti seberapa sering keinginan bayi untuk makan di hari-hari awal. Teknik ini memudahkan bayi untuk mendapatkan banyak kolostrum, sekaligus juga menghindari dari mastitis, kondisi puting lecet.
2. Pijat payudara
Pijat payudara bisa membantu memperlancar peredaran darah dan produksi ASI pada ibu menyusui. Salah satu alasan kenapa ASI tidak keluar setelah melahirkan mungkin disebabkan oleh saluran susu yang kurang berfungsi baik. Lewat pijat payudara, kelenjar susu yang mungkin tersumbat atau menggumpal akan pelan-pelan terurai. ASI pun bisa keluar dengan lancar. Kalau produksi ASI pertama lancar, payudara akan “termotivasi” untuk menghasilkan lebih banyak lagi. Memijat payudara juga membantu untuk merasa lebih rileks dan nyaman. Dengan begitu, pikiran jadi lebih tenang dan bisa beristirahat dengan baik. Sobat pun dapat terhindar dari masalah ASI tidak keluar karena stres atau kurang tidur.
3. Memompa ASI dengan tangan
Jika menyusui pada jam-jam pertama setelah kelahiran tidak memungkinkan, alternatif terbaik berikutnya untuk mengatasi ASI yang tidak keluar adalah dengan memompa payudara menggunakan tangan. Pompa payudara dengan tangan selama 10 sampai 20 menit setiap dua sampai tiga jam sampai bayi mulai menyusu. Trik ini akan membantu memaksimalkan reseptor produksi prolaktin dan meminimalisasi dampak dari ASI yang terlambat keluar. Memompa payudara dengan alat biasanya tidak dianjurkan sebelum produksi ASI telah benar stabil.
Mengenai kemanan produk sebaiknya langsung ditanyakan ke pihak Nutricia melalui Careline Nutricia di nomor Whatsapp Careline Nutricia 0821 20000 100 atau Call Careline Nutricia 0800 182 1059.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.