1 Jawaban Dokter

Staff 26/03/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan konsultasi online tanyadok.
Untuk mengatasi muntah pada anak sobat sebaiknya terus berikan cairan agar anak tidak dehidrasi. Sobat juga memberikan cairan elektrolit berupa oralit. Takaran oralit bisa disesuaikan dengan anjuran dokter berdasarkan kondisi fisik anak. Namun jangan paksa anak untuk minum cairan ini jika masih muntah-muntah. 
Seduhan teh atau jahe hangat juga bisa diberikan sebagai pereda rasa mual dan muntah pada anak. Cairan lain yang bisa diberikan adalah sup kaldu untuk membantu mencegah dehidrasi sekaligus memberi rasa nyaman. Berikan makanan setiap 15-20 menit, secara bertahap. Pilihlah makanan yang mengandung cukup kalori dan mudah dicerna seperti bubur.
Jika anak sudah tidak mengalami muntah lebih dari 6 jam, sobat bisa mulai memberikannya makanan padat berupa buah. Pada anak berusia lebih besar bisa diberikan nasi, kentang, atau roti. Setelah 24 jam tidak muntah, anak dapat diberikan makan dan minum seperti biasa. Jika keluhan memburuk seperti anak tidak bisa masuk makanan lewat oral, kemudian anak lemas cenderung mengantuk, telapak tangan dingin segera bawa anak sobat ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.