Memerah Muka Anak(Arlegi)

Awalnya anak saya memang mempunyai sensitive kulit sejak lahir namun setiap dioleskan cream jhonson dan minyak kelapa perlahan mengilang dan saat ini setelah konsumsi telor ayam kampung muncul memerah namun sudah 5 hari belum hilang .. saat ini anak saya usia nya 7 Bulan..

Mohon solusi nya dok..

1 Jawaban Dokter

Staff 22/03/2019
Public

Selamat Pagi
Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Reaksi alergi timbul akibat paparan terhadap bahan yang pada umumnya tidak berbahaya dan banyak ditemukan dalam lingkungan, disebut alergen. Alergi makanan biasanya terjadi pada satu tahun pertama kehidupan dikarenakan kematangan permukaan usus belum cukup matang.  Ibu yang memiliki riwayat alergi berpotensi mempengaruhi respon imun bayi melalui plasenta dan air susu ibu (ASI). Dermatitis atopi adalah penyakit kulit yang paling sering dijumpai pada bayi, ditandai dengan reaksi inflamasi pada kulit. Biasanya menyerang daerah muka terutama pipi dan daerah ekstensor ekstremitas. Pada saluran pernafasan  dapat terjadi rhinitis alergi,  pada saluran pencernaan bermanifestasi sebagai alergi makanan dengan gejala nyeri perut kolik, muntah, diare. untuk mengetahui anak anda alergi terhadap apa saja, maka bisa dilakukan  skin-prick testing (SPT) yaitu dilakukan dengan ekstrak alergen, diujikan pada kulit.

Untuk meredakan kemerahan pada pipi bayi anda bisa dilanjutkan pemberian cream dan minyak kelapa, dan bila perlu konsul ke dokter spesialis anak mengingat kulit bayi masih sensitif.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.