badan sakit setelah bangun tidur

mau tanyak dok, biasanya kalau setelah bangun tidur badan itu kyk fresh kan dok.. tapi baru baru ini kenapa ya dok, setelah bangun tidur, badan saya kok tambah kyk berat dan nggak enak gitu..apa karena kecapekan atau yang lain ya dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 20/03/2019
Public

Terima kasih sudah menggunakan layanan tanyadok
Tidur didefinisikan sebagai suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya.  Tidur dibagi menjadi dua fase yaitu pergerakan mata yang cepat atau Rapid Eye Movement (REM) dan pergerakan mata yang tidak cepat atau Non Rapid Eye Movement (NREM). Tidur diawali dengan fase NREM.

  • NREM
    • Tidur Stadium 1,  Pada tahap ini seseorang akan mengalami tidur yang dangkal dan dapat terbangun dengan mudah.
    • Tidur Stadium 2, Biasanya berlangsung selama 10 hingga 25 menit. Denyut jantung melambat dan suhu tubuh menurun.
    • Tidur Stadium 3,  Pada tahap ini individu sulit untuk dibangunkan, dan jika terbangun, individu tersebut tidak dapat segera menyesuaikan diri dan sering merasa bingung selama beberapa menit.
    • Tidur Stadium 4,  Tahap ini merupakan tahap tidur yang paling dalam.
  • REM, mata bergerak cepat ke berbagai arah, walaupun kelopak mata tetap tertutup. Pernafasan juga menjadi lebih cepat, tidak teratur, dan dangkal. Denyut jantung dan nadi meningkat.

Kualitas tidur ditentukan oleh bagaimana seseorang mempersiapkan pola tidurnya pada malam hari seperti kedalaman tidur, kemampuan tinggal tidur, dan kemudahan untuk tertidur tanpa bantuan medis. Kualitas tidur yang baik dapat memberikan perasaan tenang di pagi hari, perasaan energik, dan tidak mengeluh gangguan tidur. Hal yang dialami oleh anda kemungkinan karena kualitas tidur anda yang kurang baik.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.