1 Jawaban Dokter

Staff 18/03/2019
Public

Selamat siang sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme(bakteri patogen dan spora) dan mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Susu UHT ini juga di kemas dengan kemasan multi lapis yang kedap udara sehingga bakteri pun tidak bisa masuk kedalamnya. dan juga kedap cahaya sehingga cahaya ultra violet tak akan mapu menembusnya. Proses kemasannya pun dilakukan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Sehingga susu UHT ini tetap segar dan aman untuk di konsumsi, dan memenuhi standar kesehatan internasional.
Susu Formula adalah susu yang diproses dari susu sapi segar baik dengan atau tanpa tambahan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Susu formula yang diberikan pada bayi disesuaikan dengan ASI dan ditambah beberapa vitamin, mineral dan zat besi. Meskipun demikian, ASI tetap tidak dapat ditandingin oleh susu buatan manapun. Susu yang paling baik dikonsumsi manusia adalah ASI. Alasannya, karena nutrisinya paling mudah diserap tubuh. 
Pada dasarnya tidak ada kewajiban memperkenalkan salah satu jenis susu tersebut. Justru, prinsip utama pemberian susu adalah berikan ASI pada anak selama 2 tahun dan ASI EKSLUSIF (ASI saja) pada bayi 0 – 6 bulan. Susu Formula adalah alternatif yang digunakan apabila ASI tidak diberikan dengan alasan tertentu.Sementara, susu UHT bisa diberikan kepada anak sesudah berusia 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 1-2 gelas sehari (1 gelas = 250 ml) sesuai kemampuan anak.  
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.