Hidung sensitif

Halo, Dok. Saya laku-laki berumur 27 tahun.

Saya memiliki hidung yang sensitif. Bila mencium sesuatu yang berbau tajam dan bila terpukul/tersenggol/ditekan, hidung saya akan merasa gatal yang berlanjut dengan bersin-bersin dalam waktu yang cukup panjang. Apakah ini normal? Bagaimana ya cara untuk mengurangi sensitifitasnya? Karena saya rasa ini cukup mengganggu produktifitas saya. Apakah mungkin bersin-bersin disebabkan oleh bulu hidung sendiri?

Sebagai latar belakang cerita, saya memiliki alergi terhadap dingin, debu, dan bulu. Lalu saya juga pernah punya riwayat sinusitis, sekitar 5 tahun lalu saya pernah melakukan operasi untuk menyedot cairan.

Demikian, terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 14/03/2019
Public

Selamat siang
Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanya dok.
Rinitis adalah suatu peradangan pada lapisan dalam hidung yang dikarakterisasi dengan adanya gejala-gejala seperti keluarnya cairan dari hidung ( ingus), bersin, hidung tersumbat, dan/atau hidung gatal. Dikarenakan anda mempunyai riwayat alergi, maka dapat diduga menderita rinitis alergi, gejalanya yaitu bila mengalami dua atau lebih dari gejala-gejala keluarnya ingus dengan produksi yang berlebih, bersin-bersin, rasa gatal selama lebih dari satu hari , sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.  Salah satu terapi alergi adalah pencegahan terhadap paparan allergen. Fungsi dari bulu hidung yaitu untuk menyaring kotoran udara yang kita hirup dan masuk ke paru-paru. Kami sarankan anda melakukan test untuk mencari tahu apa saja yang dapat membuat alergi anda timbul sehingga anda dapat menghindari yang membuat alergi tersebut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.