BB Bayi sudah berada di Garis Kuning

Hai Dok, saya memiliki bayi berusia 5 bulan saat timbang BB rutin bulanan Garisnya berada di zona kuning yang artinya kurus/kurang gizi. selama ini saya tidak begitu khawatir karena bayi saya terlihat sangat aktif dan ceria bahkan terlihat sangat semangat sekali ketika menyusu, tapi setelah saya lihat lagi buku KIA ternyata penurunan BB sangat signifikan. Bayi saya ASI dan sambung Sufor tapi tidak rutin, mohon bantuannya untuk apa yang harus saya lakukan. Terima Kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 12/03/2019
Public

Selamat sore, 
Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Gizi kurang merupakan dampak dari tidak terpenuhinya kebutuhan gizi anak yang berlangsung lama, bahkan dapat dimulai semenjak bayi masih dalam kandungan. Oleh karena itu, pemenuhan gizi ibu hamil sampai anak berusia 2 tahun harus menjadi perhatian utama karena ini merupakan masa yang dapat menentukan kehidupan anak selanjutnya. Adapun ciri-ciri anak kurang gizi : 

  • Mengalami kegagalan dalam pertumbuhannya. Kegagalan pertumbuhan ini dapat dilihat dari berat badan, tinggi badan, atau keduanya yang tidak sesuai dengan umurnya.
  • Anak sangat mudah untuk marah, terlihat lesu, dan dapat menangis berlebihan.
  • Kulit dan rambut anak kering, bahkan rambut anak rontok.
  • Kehilangan kekuatan ototnya.

Jika tidak ditangani dengan tepat, lama-lama anak dengan gizi kurang bisa berganti statusnya menjadi gizi buruk yang lebih parah lagi. Bayi yang kurang gizi juga perlu ditangani segera sebab kondisi ini dapat memengaruhi pertumbuhan fisik dan otak anak ke depannya. Penanganan yang diberikan harus fokus pada ASI. Pemberian ASI dilakukan sebaiknya lebih sering dari biasanya.  Jaga kebersihan lingkungan sekitar bayi untuk menghindari terjadinya infeksi. Semakin kurus anak, semakin tinggi risikonya mengalami infeksi. Oleh karena itu kebersihan lingkungan dan kebersihan orang di sekitar bayi sangat perlu dijaga. Bila perlu kontrol ke dokter anak untuk mengetahui apakah perlu atau tidaknya ditambahkan susu formula yang sesuai dengan kebutuhan anak anda.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.