Tangan tidak bisa supinasi (berputar)

Dok, tangan saya kan waktu itu patah di bagian radius karena jatuh, namun ada dislokasi ulna juga yang menyebabkan tangan saya tidak bisa supinasi atau keadaan terbuka, bsk saya mau operasi kata nya Ulnar shortening Osteotomi, Tfcc dan Arthroscopy, apakah trknik itu dapat mengembalikan keterbatasan gerak saya dok , mohon jawabannya

1 Jawaban Dokter

Staff 12/03/2019
Public

Selamat pagi sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Fraktur (patah tulang) dalam penyembuhannya memerlukan waktu. Beda tulang, beda juga masa penyembuhannya. Penyembuhan fraktur pada tulang lengan bawah (radius/ulna) biasanya terjadi dalam 8-10 minggu, akan tetapi bisa mencapai 6 bulan pada fraktur Galeazzi tergantung kondisi masing-masing individu. Literatur menyebutkan bahwa sebaiknya dalam 4 minggu pertama pasca operasi, hindari gerakan menengadahkan tangan. Meskipun begitu sesegera setelah operasi dianjurkan melakukan pergerakan ringan pada jari-jari, pergelangan tangan, dan siku. Posisikan lengan bawah lebih tinggi dari jantung. Di samping itu hindari mengangkat beban berat dengan tangan dari tulang lengan yang fraktur. 
Mengenai dapat mengembalikan keterbatasan gerak, sangat subjektif pada setiap orang. Penyembuhan fraktur juga dipengaruhi oleh usia, nutrisi, dan lain sebagainya. Fisioterapi mungkin dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus melatih fungsi persendian kembali termasuk pergerakan jari-jari tangan, pergelangan tangan, dan siku. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.