Asam lambung dan cara minum obat yang benar

Malam Dokter, sy menderita penyakit GERD dan radang lambung kronis dari hasil endoskopy. Sy sudah minum obat selama 1 bulan. Sy berhenti minum obat sekitar 7 hari dan hari ini asam lambung sy kambuh dan sy merasakan sensasi lidah putih, kering, susah nelan, sesak nafas dan jantung berdebar kencang. Sy mulai minum obat pariet 20mg 1x sehari tetapi masih belum ada perubahan, untuk sekarang ini sy minum obat pariet 20mg 2x sehari dan apakah obat pariet 20mg boleh di minum sampai 1 bulan ? apa dampak efek samping tersebut ? saat ini sy sudah mengalami sembelit. Sy juga selalu menjaga pola makan dan tidak makan larangan yang memicu asam lambung. Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 08/03/2019
Public

Selamat pagi
Terima kasih sudah menggunakan layanan tanya dok.
Pariet merupakan obat untuk penanganan pada masalah lambung. Kandungan dari pariet sendiri adalah Na Rabeprazole. Efek samping dari oabt ini adalah rinitis, nyeri perut, lemah, kembung, radang tenggorokan, muntah, nyeri non spesifik atau nyeri punggung, pusing, gejala-gejala yang menyerupai flu, batuk, konstipasi, dan insomnia.
Lama penggunaan obat ini yaitu berdasarkan jenis masalah pada lambungnya. Pemberian obat ini bisa mencapai 12 minggu atau tergantung dengan respon pasien sendiri apakah ada perubahan atau tidak ada perubahan. Tentunya dengan kontrol rutin ke dokter anda.
 
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.