Sudah mencoba susu soya nutrilon ttp alergi

Anak.laki berat 4,8 kg tinggi 56 cm usia 5 minggu..dari lahir sudah dikasih sufor susu sapi namun setiap minum muncul ruam merah atau bintil pada pipi, nafas ngik2, selalu mengulet & mengejan hingga menangis, sebulan pemakaian rumaj menjalan ke bagian dada namun tdk seluruh tubuh, ganti soya nutrilom 1-2 hari semua bahus namun hari ke 4 si bayi sembelit blm pup 3 hari, suka menguler mengejan pdhl hanya kentut saja, bunyi nafas sudah tidak ngik tapi pipi tetap muncul bintil atau ruam setelah brp menit minum susu soya..apakah alergu sufor jangka pankang berpengarij terhadap tumbuh kembang anak?mohon advicenya dok terima kasih

1 Jawaban Dokter

80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. tp bila saat alergi tidak dicegah, maka alerginya dapat bermanifestasi semakin parah hingga melukai sal cerna dan berakibat pada BAB darah misalnya. selain itu alerginya dapat berjalan terus hingga anak menjadi asma.

susu yang cocok untuk alergi susu sapi adalah susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.