1 Jawaban Dokter

Staff 04/03/2019
Public

selamat siang sobat, terima kasih telah menggunakan layanan aplikasi tanyadok.
Bisul, udun, abses adalah suatu kondisi yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada kulit yang pada awalnya karena gesekan, iritasi, pertumbuhan rambut yang tidak normal sehingga mengakibatkan tertutupnya jalan keluar saluran keringat, sebum yang pada akhirnya menyebabkan pertumbuhan bakteri lebih dari normal sehingga mengakibatkan reaksi peradangan. bisul yang “matang” pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. sobat dapat melakukan upaya sebagai berikut untuk mempercepat penyembuhan bisul:

  • kompres air hangat, lakukan selama 10 menit, beberapa kali sehari, ini dapat membuat rasa nyeri berkurang, pembuluh darah sekitar bisul melebar sehingga membantu sel darah putih untuk lebih cepat dan mudah melawan infeksi, membuat saluran kelenjar yang terinfeksi terbuka sehingga nanah dapat naik ke permukaan.pada umumnya setelah beberapa hari bisul akan pecah. setelah menyentuh bisul cucuilah tangan anda dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah penularan infeksi.
  • cuci dengan sabun antibakteri, bisul yang telah pecah dapat dicuci dengan dialiri air yang mengalir dan sabun antibakteri. hal ini ditujukan untuk mengurangi timbulnya infeksi dan perkembangbiakan bakteri pada luka. setelah dicuci berikan salep antibiotik dan tutup luka dengan kain kasa dan perban untuk menghindari kontaminasi.

semoga hal tersebut dapat bermanfaat bagi sobat.
terima kasih

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.