1 Jawaban Dokter

Staff 02/03/2019
Public

Selamat siang sobat, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kista merupakan sebutan untuk kantung yang berisi cairan. Kista bisa timbul bagian tubuh manapun dan banyak jenisnya. Kista belum tentu berbahaya, ada jenis kista yang fisiologis, kista yang mengecil saat siklus menstruasi selesai. Kista jenis ini tidak memiliki potensi untuk berkembang menjadi ganas. Selain itu, jika dinilai berdasarkan ukurannya, kista berukuran kecil (di bawah 5 cm) umumnya juga tidak berbahaya. Namun memang, wanita yang menderita kista, seringkali mengalami siklus menstruasi yang tidak beraturan. 
Siklus menstruasi normal yaitu antara 21 – 35 hari, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, di antaranya :

  1. Usia remaja yaitu 3-5 tahun pertama dari haid pertama kali (pubertas) sering sekali ada perubahan dari siklus dan perdarahan yang terjadi. Hal ini di sebabkan adaptasi tubuh terhadap perubahan hormonal yang terjadi saat awal pubertas.
  2. Stres atau kondisi fisik yang lelah. Hal ini terkadang tidak kita rasakan namun tubuh mengirimkan kita sinyal. Ketika kita stress, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus, akan terganggu. Selain itu, berat badan bisa naik atau turun secara drastis sebagai akibat dari stres. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi.
  3. Adanya kondisi medis yang mendasari. Adanya penyakit yang di derita seseorang dapat mempengaruhi secara keseluruhan di dalam tubuh termasuk hormon. Hal ini perlu pemeriksaan langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui ada tidaknya penyakit medis yang mendasari.
  4. Nutrisi yang di konsumsi. Nutrisi dan hidrasi yang tidak seimbang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan secara tidak langsung mempengaruhi hormonal. Maka sangat penting menjaga kualitas nutrisi makanan yang sobat konsumsi serta menjaga asupan air putih sesuai dengan kebutuhan cairan sobat minimal 2000 cc perhari untuk orang dewasa.
  5. Kegemukan atau terlalu kurus dapat menjadi salah satu faktor ketidak teraturan menstruasi.
  6. Merokok, Merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi, salah satunya adalah menstruasi terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Sebagai langkah awal, sobat bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari
  • Kendalikan stres dengan bijak
  • Berolahraga teratur 30-45 menit sebanyak 3-4x seminggu, seperti jogging, renang, senam aerobik, yoga, badminton, bersepeda, dsb
  • Perbanyak minum air putih 8-10 gelas perhari
  • Konsumsi banyak antioksidan (sayur dan buah). Batasi makanan berlemak, berpengawet, instan, MSG.
  • Jaga berat badan ideal
  • Hindari rokok, alkohol

Demikian penjelasan dari kami semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.